pulsa-logo

Motorola Akan Gunakan Layar yang Bisa Sembuh Sendiri


Arief Burhanuddin

Senin, 21 Agustus 2017 • 15:57


 

Motorola baru saja merilis Moto Z2 dengan fitur baru seperti kamera belakang ganda, prosessor yang lebih cepat dan teknologi layar besutan Motorola sendiri yang disebut Shattershield pada Bulan lalu. Layar ShatterShield ini pertama kali diumumkan beberapa tahun yang lalu dan digunakan di DROID Turbo 2. Alih-alih menggunakan substrat kaca untuk display, Motorola menggantinya dengan substrat plastik yang mencegah layar rusak saat menyentuh tanah.

 

Namun sayangnya, Layar ShatterShield yang dipasang pada Force Moto Z2 mendapat ulasan negatif karena mudah tergores. Oleh karenanya, Motorola dikabarkan  akan menggantinya dengan teknologi layar yang bisa ‘sembuh’ sendiri saat terkena goresan. Teknologi ini mengingatkan kita pada smartphone LG G Flex, namun bukan layarnya yang bisa menyembuhkan diri sendiri, melainkan bodinya.

 

Motorola telah diberi hak paten untuk teknologi layar pintar yang menggunakan semacam polimer mirip kaca yang memiliki kemampuan  "mengingat" bentuk aslinya dan dapat kembali seperti semula. Selain sisi materinya yang unik, mekanisme layar self healing ini juga didukung oleh software yang canggih, Jika layar mengalami retakan, maka software tersebut akan mendeteksi, menawarkan perbaikan, dan jika disetujui akan menampilkan progres perbaikan hingga selesai.

 


Selain itu, pengguna akan diminta untuk tidak menggunakan smartphone terlebih dahulu, sementara elemen pengontrol panas akan menghangatkan daerah yang mengalami kerusakan dan membuat molekul-molekul yang ada di material mengembalikan layar ke bentuk. Julyana Tariyani

 

sumber: Gizmochina