pulsa-logo

Seperti Inikah Modul Kamera 3D di iPhone 8?


Galing

Rabu, 23 Agustus 2017 • 14:50

iPhone 8, TanggalmPeluncuran iPhone 8, Kamera iPhone 8, Kamera 3D iPhone


Kurang dari sebulan sebelum peluncurannya yang dijadwalkan pada bulan September 2017, makin banyak  informasi, bocoran dan rumor yang beredar di media yang terkait dengan iPhone 8. Salah satu kabar terbaru yang beredar di situs SlashLeaks pada Senin (21/8)  memuat sebuah foto dari sebuah modul sensor penginderaan 3D yang diduga adalah bocoran prototype dari komponen modul sensor untuk kamera di iPhone 8.

Foto: MacrumorsFoto: Macrumors

Apple dikatakan telah secara radikal mengubah kamera depan untuk iPhone 8, denganmenambahkan kemampuan penginderaan 3D untuk pengenalan wajah (face recognition) .

Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo menyebutnya sebagai  kamera "revolusioner" karena terdiri dari tiga modul: modul kamera menghadap  depan yang merupakan kamera standar, modul transmisi inframerah, dan modul penerima inframerah, yang kesemuanya memungkinkan iPhone 8 Untuk melakukan fungsi penginderaan dan pemodelan 3D.

Ada kemungkinan bahwa kehadiran dari  modul sensor penginderaan 3D  di kamera depan ini akan mendukung perekaman video 4K pada 60 frame per detik (fps). Hal ini dikuatkan dari temuankode yang ditemukan di firmware HomePod yang bocorbeberapa waktu lalu meski ada dugaan bahwa ini hanya akan diterapkan pada kamera belakang.

Adapun beberapa spesifikasi lainnya meliputi  penggunaan  prosesor A11, komponen pengisi daya nirkabel, dan penggunaandisplay berjenis  OLED dan flex power cable.

Sementara dalam sebuah video yang muncul di situs Weibo menunjukkan sebuah handset Apple yang dibekali dengan sensor sidik jari di bagian belakang tengah menjalani proses kontrol kualitas di pabrik.

Beberapa bulan terakhir telah beredar kabar yang menyebutkan bahwaApplemungkin akan “menghilangkan”  pemindaiansidik jari Touch ID sepenuhnya dan lebih memilih untuk mendukung sistem otentikasi baru  yang didasarkan pada  pengenalan wajah (face recognition). Hal ini sesuai dengan bocoran gambar dari modul kamera penginderaan 3D di atas.


Prediksi yang  telah dibuat oleh Kuo senada dengan  prediksi yang dikemukakan oleh analis senior  JP Morgan dan Bloomberg. Lalu bagaimana menurut Apple sendiri?

Apple sendiri telah mengkonfirmasi bahwa saat ini mereka tengah menggarap sistem pengenalan wajah, tercermin dalam beberapa referensi yang ditemukan di firmware HomePod yang bocor beberapa waktu yang lalu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar kemungkinan tayangan video diatas hanyalah sebuah video dari replikaiPhone yang akan dipasarkanuntuk wilayahChina.Nah biar tidak penasaran, silakan lihat sendiri saja tayangan videonya di bawah. (Nariswari)

Sumber: macrumors