pulsa-logo

Huawei dan Lenovo Berebut ingin Akuisisi Fujitsu


Galing

Rabu, 23 Agustus 2017 • 17:53

Huawei, Fujitsu, Lenovo


Salah satu raksasa elektronik asal negeri Sakura kembali akan dijual. Unit bisnis smartphone Fujitsu seperti PULSA kutip dari GizmoChina disebutkan akan segera ditawarkan kepada pembeli potensial. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa kedua pembeli potensial yang dimaksud adalah Lenovo dan Huawei.

Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Unit bisnis smartphone dari Fujitsu tersebut sebetulnya telah berdiri sebagai sebuah perusahaan sendiri yang terpisah dari induknya pada bulan Februari tahun lalu. Persaingan yang begitu sengit dari vendor luar telah menyebabkan kejatuhan banyak sekali pabrikan smartphone asal negeri matahari terbit tersebut. Dari sebelas pembuat smartphone lokal yang ada di Jepang pada tahun 2000-an, hanya tiga perusahaan yang masih sanggup bertahan.

Ketiga perusahaan tersebut adalah Sony, Kyocera dan Sharp yang kini telah dimiliki oleh Foxconn. Sementara NEC, Mitsubishi, Toshiba, Panasonic dan lainnya terpaksa harus meninggalkan pasar negeri kelahirannya tersebut.

Keputusan Fujitsu untuk melepas unit bisnis smartphone miliknya ini diperkirakan merupakan upaya yang mereka tempuh agar mereka dapat lebih fokus mengembangkan bisnis jasa teknologi informasi garapan mereka. Media Nikkei melaporkan bahwa Fujitsu bertekad untuk mempertahankan pangsa pasar minoritas mereka di bisnis jasa teknologi informasinya tersebut sambil terus berusaha menghidupkan merek yang telah membesarkan nama mereka.

Fujitsu akan membuka penawaran putaran pertama penjualan bisnis smartphone mereka pada bulan depan dengan pembeli potensial lain diperkirakan akan meliputi perusahaan investasi Polaris Capital Group and CVC Capital Partners serta perusahaan elektronik raksasa pembuat iPhone, Foxconn. Apple sendiri saat ini memimpin pasar smartphone di Jepang dengan pangsa pasar hingga 40%. Sedangkan Fujitsu hanya duduk pada peringkat kelima. (Galing)

Sumber: GizmoChina