pulsa-logo

Perluas Pabrik, Vivo Siap Penuhi Permintaan Pasar Domestik


Deni Hardian

Kamis, 24 Agustus 2017 • 21:17

vivo,vivo smartphone,selfie expert,pabrik,produksi smartphone,tkdn,pasar domestik


 Line produksi smartphone Vivo di pabrik Vivo, Cikupa. (Dokumentasi Vivo) Line produksi smartphone Vivo di pabrik Vivo, Cikupa. (Dokumentasi Vivo)

Sejak pertama kali beroperasi di Indonesia pada Maret 2016, pabrik Vivo Smartphone di Cikupa, Tangerang, Banten telah memproduksi ratusan ribu perangkat smartphone untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. Dengan semakin meningkatnya permintaan pasar atas produk smartphone, Vivo Mobile Indonesia melakukan perluasan pabrik untuk meningkatkan kapasitas produksi smartphone-nya.

Dalam kunjungan pabrik bersama rekan media, PR Manager Vivo Mobile Indonesia Tyas Rarasmurti mengatakan "Perluasan pabrik yang dilakukan oleh Vivo tak sekedar meningkatkan kapasitas produksi smartphone semata, namun dengan perluasan pabrik yang dilakukan oleh Vivo memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah untuk tergabung dalam keluarga besar Vivo Indonesia".

Terkait regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) pemerintah, sejak awal 2017, Vivo Smartphone telah mencapai persentase TKDN sebesar 32% yang melampaui standar nasional 30% yang ditetapkan oleh pemerintah. Bagi Vivo Smartphone, hal ini menjadi bentuk pencapaian positif sebagai salah satu produsen smartphone 4G di Indonesia dan memotivasi Vivo untuk menargetkan cukupan komponen lokal yang lebih tinggi lagi.

Selain menjaga persentase komponen dalam negeri, kualitas komponen yang digunakan pada setiap unit juga menjadi perhatian bagi Vivo Smartphone. Setiap perakitan unit smartphone Vivo telah melalui proses produksi yang diawasi oleh para teknisi ahli. Tidak hanya itu, setiap unit smartphone juga akan melalui uji kualitas ketat yang meliputi keseluruhan komponen misalnya uji kamera, uji performa, dan uji ketahanan smartphone pada berbagai kondisi. Tahapan-tahapan ini sesuai dengan standar global dengan tujuan untuk menjaga kualitas produk, keamanan dan kepuasan pengguna, juga untuk memenuhi kebutuhan konsumen smartphone di Indonesia.

Smartphone Vivo yang Siap Dikemas dan Didistribusikan ke seluruh IndonesiaSmartphone Vivo yang Siap Dikemas dan Didistribusikan ke seluruh Indonesia

Untuk peningkatan kualitas produk jangka panjang, Vivo Smartphone berencana terus menambahkan tahapan pengujian produk sebelum dipasarkan. Edy menambahkan “Bagi Vivo, kepuasan konsumen menjadi motivasi utama bagi kami untuk selalu meningkatkan standar produksi. Kami konsisten melakukan riset kepuasan konsumen yang hasilnya menjadi referensi bagi para tenaga ahli untuk pengembangan dan peningkatan uji kualitas produk kedepannya.”

Sejak resmi memasuki pasar smartphone Indonesia pada tahun 2014, investasi Vivo Smartphone tidak hanya berfokus pada memproduksi unit, namun Vivo juga ingin berkembang bersama masyarakat Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui SDM lokal bertalenta untuk menjadi bagian dari perusahaan. Saat ini, Vivo Smartphone memiliki ribuan karyawan lokal dan tenaga ahli potensial yang siap untuk memproduksi jutaan Vivo Smartphone berstandar global untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.  (deni)