pulsa-logo

Duel Smartphone Flagship, LG G6 vs Xiaomi Mi 6


Fauzi

Sabtu, 26 Agustus 2017 • 22:26

Adu Fitur LG G6 dan Xiaomi Mi 6,Dual Smartphone flagship,Best Smartphone Flagship


Baik LG G6 maupun Xiaomi Mi 6 merupakan dua smartphone yang sama-sama bertarung di segmen atas. Dikatakan flagship, selaih harga tentu kedua smartphone ini membawa keunggulan di atas rata-rata smartphone pada umumnya.

LG G6 sebagaimana diketahui sudah hadir di Indonesia, smartphone di dijual dengan harga banderol Rp9 juta-an. Sementara Xiaomi Mi 6, ketika PULSA beli lewat jalur online, produk ini ditebus dengan harga Rp5,7 juta-an saja. Dengan selisih yang lumayan jauh, menarik untuk mengetahui keunggulan yang dibawa oleh kedua smartphone tersebut. Jadi, simak saja uraian berikut.  

Desain

Dari sisi desain, antara Xiaomi Mi 6 dan LG G6 memiliki banyak perbedaan mencolok. Misalnya, dari sisi material yang digunakan, bila LG G6 dikemas dengan bodi full berbahan metal, adapun Mi 6 diracik dengan kombinasi frame berbahan metal dengan panel kaca di belakangnya. Kendati demikian, keduanya tetap tampil membawa desain unibodi, kesan premium dari kedua smartphone ini juga begitu nampak terasa ketika digenggam.

Secara dimensi, LG G6 meski memiliki layar cukup besar 5.7 inci namun ukuran bodinya tergolong setara dengan smartphone berlayar 5.2 inci. LG G6 memiliki ukuran bezel yang cukup tipis, begitupun bodinya yang juga tipis dengan ketebalan hanya 7.9mm.

Adapun Xiaomi Mi 6 dari sisi fisik keseluruhan smartphone ini terbilang cukup kompak dengan dimensi 145.17 x 70.49 x 7.45 mm dan bobot 168 gram. Sebagai seri flagship, Xiaomi Mi 6 bodi smartphone ini juga sudah diproteksi. Baik dari display yang mendominasi area depan, maupun bagian belakang smartphone ternyata sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 5 dari Corning.

LG G6, berbekal sertifikasi IP68, smartphone ini memberikan kemampuan untuk dapat terlindungi dari air dan debu. Menariknya, LG G6 juga telah memiliki sertifikat MIL-STD 810G. Yang artinya, perangkat ini telah lulus uji dengan 14 variabel pengujian yang meliputi ketahanan temperatur rendah dan tinggi, kelembaban, getaran, radiasi matahari, tekanan rendah, pasir, debu, perubahan drastis temperatur dan hujan.


Display

Di sektor ini, Xiaomi Mi 6 datang mengusung layar berdiagonal 5.15 inci mengadopsi kaca lengkung 2.5D, serta sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5. Jenis layar yang dikenakannya tak lain adalah IPS. Sementara dengan resolusinya sudah Full HD (1080p), kepadatan layar Mi 6 tergolong cukup tinggi, mencapai 428 ppi.

Di menu Display, Xiaomi Mi 6 menyediakan fitur Colors & Contrast. Di menu Colors, ada tiga opsi yang bisa dipilih pengguna sesuai dengan selera, yakni Warm, Standart, dan Cool. Sementara untuk Contrast, pengguna juga bisa memiih tiga opsi yang tersedia, yakni Automatic Contrast (default), Increased Contrast, dan Standart.

Selain itu ada juga fasilitas yang disebut sebagai Reading mode. Fitur ini bermanfaat bagi pengguna ketika menggunakan smartphone, terutama ketika malam atau menjelang tidur. Ketika diaktifkan, fitur Reading mode akan mengurangi tampilan cahaya yang menyilaukan, sehingga pengguna akan lebih nyaman menggunakannya pada saat tertentu. Menariknya, pengguna bisa mengaktifkan Reading Mode dengan penjadwalan (scheduled) serta bisa dipilih untuk aplikasi tertentu saja.

Sementara LG G6, sesuai dengan harganya yang sedikit lebih mahal, di sektor layar smartphone ini nampak lebih baik dibanding Xiaomi Mi6. LG G6 diketahui hadir dibekali layar 5.7 inci yang menawarkan resolusi 1440 x 2880 piksel dengan aspek rasio 18:9. LG menyebut teknologi ini dengan nama FullVision. Kualitas layar yang dihadirkan sangat baik dengan akurasi warna yang akurat, detail gambar yang tajam, sudut pandang yang lebih luas serta kontras layar yang tidak menyakiti mata.

Dengan aspek layar yang tertanam ini memberikan kenyamanan ketika dilakukan aktivitas multitasking dengan dua window. Mulai dari membuka email dan chatting secara bersamaan ataupun aktivitas lainnya. Tak hanya itu, dukungan FullVision ini semakin memanjakan mata dalam menikmati konten multimedia, apalagi konten multimedia yang tertanam sudah dibekali dengan fitur High Dynamic Range (HDR) dengan dua opsi format HDR10 dan Dolby Vision.

Uniknya lagi, LG juga sudah menyertakan fitur “App Scale” yang berfungsi untuk menyesuaikan layar ketika menonton video ataupun bermain game. Dimana konten video yang tersedia ataupun aplikasi game yang tertanam biasanya menggunakan skala layar 16:9. Fungsi App Scale ini dapat menyesuaikan menjadi skala 18:9 hanya dengan satu sentuhan

Kamera

Untuk alat pengabadi gambar, baik LG G6 maupun Xiaomi Mi 6 sudah menawarkan fitur dual-camera belakang. LG G6 mengusung dual-camera belakang di mana alat bidik utamanya dibekali dengan lensa berkekuatan 13 megapiksel dan didukung dengan fitur OIS, serta bukaan lensa f/1.8. Kamera kedua memiliki sudut pandang mencapai 135 derajat dan bukaan lensa f/2.4 untuk memaksimalkan foto dengan sudut pandang yang lebih luas.

Untuk memaksimalkan sensor kamera yang belakang yang tertanam LG G6 membekalinya dengan beragam fitur pendukung mulai dari Optical Image Stabilization (OIS), 3-axis serta PDAF. Asyiknya lagi, kamera LG G6 juga mampu mendeteksi titik focus yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menentukan titik focus yang diinginkan ketika mengambil objek gambar.

Beralih ke bagian depan, LG G6 menanamkan sensor kamera 5 megapiksel yang juga dibekali dengan mode wide yang memungkinkan pengguna untuk melakuan foto selfie secara bersamaan. Dengan sudut pandang yang mencapai 100 derajat memberikan sudut pandang yang lebih luas.

Adapun Xiaomi Mi 6 dibekali fitur dual-camera belakang beresolusi 12 MP lengkap dengan segala atributnya seperti f/1.8, OIS 4-axis & 52mm, f/2.6, 2x optical zoom, phase detection autofocus, dan dual-LED (dual tone) flash.

Untuk mengambil foto dengan efek bokeh juga tergolong mudah, di mana cukup mengakses ikon di bagian kiri tengah, kita sudah bisa mengambil gambar dengan efek bokeh yang bisa diutak-atik objeknya sesuai keinginan. Adapun untuk selfie, dalam hal ini Xiaomi Mi 6 memfasilitasinya dengan kamera depan 8 MP.

Hardware

Sesuai kedudukannya yang sebagai perangkat flagship, baik LG G6 maupun Xiaomi Mi 6 mengusung prosesor Qualcomm seri 8. Hanya bedanya, LG G6 nampak agak lawas lantaran masih didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 821 dengan kombinasi RAM sebesar 4GB serta memiliki memori internal 64GB ytang masih bisa diperluas via kartu microSD hingga 256GB.

Bicara dapur pacunya, Xiaomi nampaknya sedikit berada di atas LG G6, di mana untuk mendukung performanya smartphone ini sudah ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang terdiri dari chip octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan GPU Adreno 540. Selain menancapkan prosesor kelas atas dari Qualcomm, pada Mi 6 yang kami miliki didukung oleh RAM 6 GB plus memiliki memori internal 128GB. Dengan memori internal yang tergolong cukup lapang, mungkin menjadi alasan bagi Xiaomi yang tidak melengkapi Mi 6 dengan slot kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan datanya.

Bicara soal kinerja, nampak Xiaomi memiliki keunggulan, hal ini bila mengacu pada sejumlah benchmark yang PULSA lakukan. Misalnya, berdasarkan uji benchmark dengan AnTuTu software, Xiaomi Mi 6 tercatat berhasil mencetak angka hingga 143677, sementara LG G6 berada di angka 125707. Untuk lebih jelas lihat tabel benchmark kedua smartphone di bawah ini.

Tabel hasil benchmark LG G6:

Benchmark Skor
AnTuTu v6.2.7 125707
GeekBench4 (single-core & multi-core)    1806 & 4251
GeekBench4 (Compute) 6459
NenaMark2 v2.4 60,2
3DMark 1580

Tabel hasil benchmark Xiaomi Mi 6:

Benchmark Skor
AnTuTu v6.2.7 143677
GeekBench4 (single-core & multi-core)    1705 & 4905
GeekBench4 (Compute) 7411
NenaMark2 v2.4 60,6
3DMark 2638

Di sektor penyuplai daya, LG G6 dibekali dengan baterai tanam berkapasitas 3300 mAh berbanding dengan 3350 mAh yang dibawa oleh Xiaomi Mi 6.

Kesimpulan

Sebagai perangkat flagship, baik LG G6 dan Xiaomi Mi 6 membawa keunggulan masing-masing. Di antara keduanya juga terdapat kelebihan dan kekurangan. Misalnya, di sektor dapur pacu, LG G6 masih mengusung chipset yang tergolong lebih lawas daripada Xiaomi Mi 6 yang sudah lebih kekinian. Pun demikian, LG G6 juga tampil sedikit lebih baik di sektor display, di mana layarnya sudah menawarkan resolusi lebih tinggi dengan diagonal yang lebih besar juga. Menariknya, dengan layar yang lebih besar, secara dimensi LG G6 juga tetap tampil kompak seperti smartphone berlayar 5.2 inci. Untuk desain dan fitur kamera, sejatinya kedua smartphone ini menawarkan keunggulannya masing-masing. Satu yang menjadi catatan adalah masalah harga. Ya, LG G6 memang sedikit lebih mahal ketimbang Xiaomi Mi 6 yang sejatinya menawarkan sejumlah aspek yang tidak kalah dibanding LG G6. Jadi, sangat wajar bagi mereka yang sedang mencari smartphone flagship lebih condong melirik Xiaomi Mi 6, terutama bagi mereka juga konsen terhadap budget yang harus dikeluarkan.