pulsa-logo

Bos Samsung Beri Alasan Mengapa Galaxy Note 8 Dibekali Baterai Kecil


Galing

Senin, 28 Agustus 2017 • 16:09

Samsung Galaxy Note 8, Galaxy Note 8, Galaxy Note


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Pada minggu lalu, Samsung memulai debut phablet andalan terbarunya  yakni Samsung Galaxy Note 8 melalui sebuah acara peluncuran meriah di New York, AS. Perangkat ini adalah generasi terbaru dari keluarga  Galaxy Note yang sekaligus memikul beban  cukup besar  dalam membawa harapan Samsung untuk mengembalikan citra  dan nama baik dari kegagalan Galaxy Note 7. Dengan lahirnya Samsung Galaxy Note 8, Samsung berjanji  untuk memberikan masa pakai baterai yang lebih baik dengan baterai yang lebih aman untuk digunakan.  Jadi, konsumen tidak  perlu merasa takut dan ragu untuk membeli Samsung  Galaxy Note 8 karena alasan  keamanan dan resiko meledak.  Hal ini diungkapkan secara terbuka oleh DJ Koh (CEO Samsung Mobile)  selama  melakukan wawancara dengan The Investor.  Dalam wawancara tersebut, DJ Koh cukup  banyak memberikaninformasi mengenai kinerja baterai Galaxy Note 8. Dan alasan mengapa Samsung membekali Galaxy Note 8 dengan kapasitas baterai yang relative kecil jika dibandingkan dengan rata-rata smartphone premium kekinian.

Samsung Galaxy Note7 hadir dengan baterai 3.500mAh dalam sasis yang cukup tipis yakni  7,9 mm. Sementara itu, Samsung Galaxy Note 8 menampilkan desain baru  layar penuh (full screen)  dan ketebalan sasisnya meningkat menjadi 8,6 mm. Selain itu, baterai tablet ini hanya  memiliki kapasitas lebih kecil yakni  3.300 mAh. Bahkan dengan fakta bahwa Samsung Galaxy Note8 adalah perangkat  yang  berukuran lebih besar, Samsung nampaknya meminimalisir resiko meledak dan terbakar, menjamin rasa aman dengan memasukkan baterai dengan kapasitas daya  yang lebih kecil.

Menurut DJ Koh, ada beberapa alasan mengapa Samsung memutuskan untuk menggunakan baterai berukuran kecil di Galaxy Note 8.

1.       Pertama-tama, Samsung Galaxy Note  8 didukung oleh prosesor  Samsung Snapdragon 835 dibangun dengan teknologi 10nm. Sedangkan Galaxy Note 7 menampilkan chipset Snapdragon 821 yang dibangun dengan teknologi  14nm. Dimasukkannya prosesor yang lebih baik ke dalam Galaxy Note 8 meningkatkan efisiensi daya hingga 30 persen.

2.       DJ Koh menambahkan bahwa Samsung Galaxy Note8 memungkinkan pengguna  untuk dapat memperbaiki performa baterai dengan menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan cara mereka menggunakan phablet tersebut. Jelas ini dapat meningkatkan efisiensi baterai di Galaxy Note 8. DJ Koh mengatakan,"Saya dapat menjamin keamanan baterai di Samsung Galaxy Note 8. " Bahkan DJ Koh mengatakan bahwa  setelah dua tahun menggunakan Samsung Galaxy Note  8, baterai tersebut akan mampu mempertahankan 95 persen kapasitas baterai. Tampaknya Koh juga mencoba mengatakan bahwa dengan dibekalinya baterai yang lebih kecil di Samsung Galaxy Note  8 tidak akan menghasilkan masa pakai baterai yang buruk.

3.       Beberapa kritikus mengklaim bahwa Samsung Galaxy Note8 tidak memiliki faktor "wow". DJ Koh menanggapi dengan  tenang anggapan skeptis tersebut dengan mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 8 telah banyak dibekali dengan fitur , performa dan keamanan yang  telah ditingkatkan. DJ Koh bahkan menambahkan bahwa Samsung  sebelum memproduksi Galaxy Note 8, telah menggelar  survei pelanggan untuk mengetahui kebutuhan dan fitur apa yang diinginkan oleh  konsumen. Lebih lanjut  DJ Kohmengatakan bahwa permintaan pelanggan  memang beragam. Tidak sedikit pelanggan yang  selalu menginginkan fitur baru, sementara yang lain menginginkan ponsel yang bisa digunakan selama dua sampai tiga tahun.  Dan sebagian menginginkan perangkat  yang nyaman dan aman untuk digunakan.  “Kami tidak hanya  berpegang pada inovasi itu saja. Kami akan mencari inovasi yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk semua  pelanggan kami…" Ujar DJ Koh. 

Dengan penuh rasa optimis, DJ Koh mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 8 akan mencapai angka penjualan yang tinggi. Beliau membuka ingatan kita pada angka penjualan Samsung Galaxy Note 5 yang terjual  lebih dari  11 juta unit. Maka wajar, jika DJ Koh mengatakan bahwa Samsung berupaya keras untuk menghadirkan banyak fitur baru dan menjanjikan keamanan di  Samsung Galaxy Note 8, maka phablet ini diperkirakan akan terjual  lebih dari 11 juta unit. Namun, saat ini Samsung lebih fokus menjual lebih banyak unit Galaxy S8. Beberapa media lokal di Korea Selatan mengklaim bahwa Samsung menancapkan  target  penjualan sebanyak 48 juta unit untuk duo Galaxy S8 hingga akhir tahun 2017 nanti. (Nariswari/Galing


Sumber: PhoneArena