pulsa-logo

MediaTek Luncurkan Helio P23 dan P30, Apa Saja Keunggulannya?


Fauzi

Selasa, 29 Agustus 2017 • 13:17

MediaTek Helio P23,MediaTek Helip P23


Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, kemarin (28/8) perusahaan pembuat chipset mobile MediaTek meluncurkan jajaran baru prosesor terbaru, Helio P23 dan Helio P30. Lalu seperi apa fitur dan keunggulan dari kedua prosesor terbaru besutan MediaTek tersebut?

Kedua processor terbaru MediaTek tersebut memiliki arsitektur octa-core Cortex-A53, yang mungkin tampak agak ‘jadul’ bahkan jika untuk sekelas chipset mid-range. Meskipun demikian, kedua chipset tersebut  adalah iterasi dari CPU Helio P20 dan P25, sehingga cukup wajar jika memang ada upgrade atau peningkatan dari prosesor terbaru tersebut, termasuk hadirnya fitur baru dan blok IP yang lebih baik.

Berdasarkan pengumuman yang dibagikan oleh MedaTek, kedua prosesor tersebut dibekali dengan fitur yang mendukung koneksi internet cepat (4G untuk  kedua SIM card yang digunakan), mendukung fitur dual kamera, hemat daya, dan immersive user experience.

Baik prosesor octa core Helio P23 dan P30 sama-sama memiliki clock speed 2.3GHz, sedangkan cluster efisiensi terbatas pada 1.65GHz. Namun, kedua prosesor tersebut sekarang dilengkapi dengan dukungan  kartu grafis Mali-G71 yang notabene jauh lebih kuat. Berbeda dengan pendahulunya yakni chip Helio P20 dan P25 yang merupakan generasi terakhir yang masih mendapat dukungan  GPU Mali-T880.

Di antara banyak perbaikan yang ditambahkan pada SoC Helio generasi  terbaru ini, perlu disebutkan bahwa penambahan kemampuan pengkodean HEVC untuk Helio P30, serta dukungan untuk  fitur dual kamera  dengan resolusi masing-masing 16MP + 16MP (jika kamera single beresolusi hingga 25MP). Adapun Helio P23 mempertahankan dukungan kamera ganda 13MP + 13MP (jika kamera single beresolusi hingga 24MP). Besaran dukungan kamera ini sama dengan dukungan kamera di Helio P25.

Kedua prosesor tersebut baru akan tersedia pada mulai Q4 2017. Meskipun keduanya akan disertifikasi untuk penggunaan global, namun kabarnya Helio P30 SoC awalnya hanya akan terbatas penggunaannya pada pasar Cina.

Sumber: PhoneArena

Close