pulsa-logo

MediaTek Rilis Helio P23 dan P30 dengan Dual LTE untuk Dua Slot Sim


dian iskandar

Selasa, 29 Agustus 2017 • 17:26

Mediatek,qualcomm,helio,snapdragon


sumber: Phonearenasumber: Phonearena

Inovasi Mediatek terus ditunjukkan lewat jajaran produk barunya. Kali ini, raksasa chip asal Taiwan itu  meluncurkan Helio P23 dan Helio P30. Meskipun keduanya akan disertifikasi untuk penggunaan global, namun untuk awalnya, Helio P30 akan terbatas pada Cina.

Kedua chip tersebutmemiliki arsitektur prosesor Cortex-A53 octa-core, yang mungkin tampak agak usang bahkan untuk chipset kelas mid-range. Meskipun sejatinya keduanya adalah iterasi dari CPU Helio P20 dan P25. Upgrade hanya terdiri dari fitur baru dan blok IP yang lebih baikdengan sedikit peningkatan kecepatan.

Sebagai contoh, baik prosesor Helio P23 dan P30 octa-core berjalan pada kecepatan clock 2.3GHz, sedangkan cluster efisiensi terbatas pada 1.65GHz. Namun, mereka sekarang dilengkapi dengan kartu grafis Mali-G71 yang lebih kuat, beda dengan chip Helio P20 dan P25 generasi terakhir yang menggunakan GPU Mali-T880.

Di antara banyak perbaikan yang ditambahkan pada SoC Helio baru ini, perlu disebutkan bahwa penambahan kemampuan pengkodean HEVC untuk P30, serta dukungan untuk dukungan kamera 16MP + 16MP (single 25MP). Juga untuk P23 mempertahankan dukungan kamera 13MP + 13MP (single 24MP) yang sama dengan P25.

MediaTek juga memasarkan teknologi pencitraan Imagiq 2.0 pada kedua SoC terbaru. Teknologi baru ini sudah tersedia pada chipset Helio X30 high-end dan fitur yang mendukung eksposur instan otomatis, teknologi reduksi kebisingan, serta EIS (electronic image stabilization).

Perbaikan penting lainnya adalah penambahan dukungan dual VoLTE, yang berarti kedua SIM di smartphone akan dapat terhubung melalui LTE dan menawarkan suara berkualitas tinggi.Helio P23 dan P30 dibuat dalam proses pembuatan 16nm oleh TSMC, jadi tidak ada perbaikan dari generasi sebelumnya pada sektor ini. (*)

sumber: Anandtech via Phonearena