pulsa-logo

Cloudera Ekspansi Operasional di Indonesia


Aldrin Symu

Selasa, 29 Agustus 2017 • 17:29


Cloudera, penyedia platform terkemuka untuk pembelajaran mesin (machine learning), analitik dan manajemen data yang dioptimasi untuk cloud, hari ini (29/8/17) mengumumkan peluncuran entitas resmi Cloudera di Indonesia, yang memperkuat komitmen perusahaan di kawasan Asia Pasifik. Acara pembukaan tersebut diresmikan oleh Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Ekspansi Cloudera ke Indonesia secara strategis hadir untuk mendukung inisiatif kota pintar pemerintah dan meningkatkan keterampilan para profesional di industri teknologi. Kantor Indonesia ini akan mendukung prospek pertumbuhannya yang kuat, dengan karyawan Indonesia yang memegang posisi-posisi penting di berbagai fungsi seperti Penjualan, Teknis Solusi, dan Arsitektur Solusi. Bersamaan dengan dengan peluncuran Cloudera BASE Initiative baru-baru ini, sebuah ekosistem industri yang dirancang untuk mempersiapkan tenaga profesional  di bidang data di masa yang akan datang, komitmen kuat Cloudera di kawasan ini akan mempercepat berbagai upaya untuk memperkuat komunitas big data di kawasan ini dan menghasilkan para profesional generasi baru yang terampil sebagai ujung tombak ekonomi digital Indonesia yang tengah tumbuh.

“Seiring dengan upaya untuk mewujudkan transformasi digital di berbagai kota di seluruh Indonesia, baik pemerintah, bisnis, maupun masyarakat harus diberdayakan dengan sumber daya dan keahlian tepat. Pembukaan entitas resmi Cloudera di Indonesia memungkinkan kami untuk membangun kemitraan yang lebih kuat dengan perusahaan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keahlian sumber daya Indonesia dalam bidang big data. Saya berharap komitmen Cloudera yang lebih besar terhadap Indonesia ini akan membantu kami selangkah lebih dekat dalam perjalanan menuju kesuksesan melalui pemanfaatan big data,” kata Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Dengan kantor pusat Asia Pasifik di Singapura, Cloudera bekerja dengan pelanggan di sektor telekomunikasi, keuangan, dan sektor pemerintah untuk melengkapi mereka dengan lebih baik dalam menghadapi tantangan yang sering dihadapi oleh organisasi dengan data. Solusi Cloudera telah diadopsi oleh beberapa organisasi terkemuka di Indonesia termasuk Bank Danamon, Bank Mandiri, dan Telkomsel  untuk mempercepat berbagai kemampuan big data guna mendukung roadmap bisnis mereka dalam inovasi teknologi, meningkatkan pendapatan, meningkatkan layanan pelanggan, mendeteksi kejahatan (fraud) dan mengurangi biaya untuk memenuhi kataatan terhadap aturan di era digital saat ini.

Melalui jaringan mitra Cloudera yang kuat seperti kemitraan dengan Tech Data yang diumumkan belum lama ini,  para pelaku bisnis di Indonesia akan diperkuat dengan keunggulan kompetitif melalui lingkungan big data yang kuat dan skalabel. Cloudera memiliki target untuk mendukung inovasi, mempercepat laju adopsi teknologi dan berkontribusi mengembangkan Indonesia di masa depan sebagai kota-kota terkoneksi yang menawarkan berbagai peluang.  

Cloudera juga baru-baru ini menunjuk Mark Micallef sebagai Wakil Presiden Cloudera untuk Asia Pasifik dan Jepang, untuk memimpin perluasan perusahaan di kawasan ini. “Ketika pemerintah dan perusahaan di wilayah ini terus mendorong transformasi digital melalui proyek kota pintar, maka sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan dukungan dan alat yang tepat untuk meraih kesuksesan. Ekspansi Cloudera ke Indonesia merupakan bukti komitmen kami dalam menyediakan platform open source bagi para pebisnis yang tidak hanya mampu menangani kompleksitas big data, namun juga memungkinkan mereka mengatasi tantangan yang ada saat ini, seperti menghemat anggaran teknologi dan meningkatkan keamanan siber. Kami sangat antusias untuk membantu memperkuat kemampuan digital Indonesia dan berkontribusi terhadap upaya bangsa dalam membangun ekonomi digital,” ungkap Micallef.