pulsa-logo

Hands-on: Icip-Icip 'Si Flagship' Huawei P10


Fauzi

Kamis, 31 Agustus 2017 • 11:12

Huawei P10 Review,Huawei P10 Spesification


Di sela-sela acara peluncuran tiga smartphone seri Y kemarin (30/8), Huawei juga mengungkap hal penting lainnya. Yup, Huawei Indonesia mengkonfirmasi bahwa pihaknya bakal menghadirkan Huawei P10 ke Indonesia. Hal ini seperti dikatakan Masagus Robin, Product Manager Hauwei Device Indonesia.

Huawei P10 sebagaimana diketahui merupakan smartphone kelas flagship yang datang dengan spesifikasi mumpuni. Sayangnya, meski sudah mengkonfirmasi perihal kehadirannya, masih belum diketahui kapan pastinya smartphone ini bakal mendarat di Tanah Air. Jadi, sambil menunggu kapan Huawei P10 mendarat di Indonesia, simak saja icip-icipnya berikut ini.

Desain

Sesuai dengan target pasarnya, Huawei P10 diracik sang pabrikan dengan konstruksi unibodi yang dikombinasikan denganmaterial logam. Secara fisik, mirip dengan smartphone kebanyakan Huawei P10 disajikan dalam format persegi panjang dengan empat sudut menumpul. Sementara berkat dimensi perangkat sekitar 145.3 x 69.3 x 7 mm dengan bobot sekitar 145 gram, smartphone ini tampil cukup kompak. Sementar bezel Huawei P10 yang sempit juga membuat smartphone ini begitu elegan.

Beberapa komponen yang ditemui menempel pada bodi smartphone, di antaranya layar 5.1 inci di bagian muka yang ditemani dengan speaker dan sensor kamera depan di atasnya. Sementara di bagian bahwa layar nampak terlihat adanya tombol home yang sepertinya juga menjadi tempat di mana sensor sidik jari berada.



Di area sebaliknya, yakni di bagian belakang terlihat dua sensor kamera utama bertengger di bagian atas yang ditemani dengan dual-LED flash-nya. Sementara mengulik bagian sisi, di ruas kanan ada bertengger dua tombol penting smartphone, yakni tombol volume dan power. Untuk mengakses kartu SIM, pengguna bisa melakukannya lewat slot kartu SIM yang terdapat di ruas sebelah kiri. Sisa komponen lainnya, seperti jack audio 3.5 mm dan port microUSB terdapat di ruas sisi bawah ditemani dengan lubang speaker.

Display

Huawei P10 mengadopsi layar berukuran 5.1 inci dengan rasio ke bodi sekitar 71,2%. Resolusi layar  smartphone ini sudah full HD (1080 x 1920 piksel). Dengan ukuran dan resolusi yang dimiliki, layar pada Huawei P10 memiliki kepadatan ~432 ppi.

Layar Huawei P10 sudah mengadopsi kaca 2.5D serta diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Dengan demikian, di atas kertas layar smartphone ini sudah memiliki ketahanan, misalnya dari goresan benda tajam.

Bicara sistem operasi yang diusungnya, Huawei P10 sudah menjalankan Android 7.0 Nougat yang dipermanis dengan UI hasil custom, yakni EMUI 5.1.

Hardware

Dari daftar spesifikasi hardware yang dibawanya, Huawei P10 yang akan datang ke Indonesia tertulis bakal mengusung prosesor octa-core up to 2.4 GHz Kirin 960. Selain itu, kinerja smartphone juga akan ditopang oleh RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Di sektor penyuplai daya, di dalam bodi Huawei P10 sudah tertancap sebuah baterai 3200 mAh. Menariknya, baterai smartphone ini juga sudah didukung oleh teknologi Huawei SuperCharge.

Dual-Camera

Seperti flagship sebelumnya, Huawei juga telah membekali P10 dengan fitur dual-camera belakang. Tidak sekedar itu, untuk sensornya sendiri kamera pada Huawei P10 sudah menggunakan lensa buatan Leica yang di lembar spesifikasi tertulis Leica Dual-Camera 2.0. 

Secara detil, kamera belakang Huawei P10 memiliki kekuatan Dual 20 MP + 12 MP lengkap dengan atribut seperti f/2.2, OIS, 2x lossless zoom, phase detection dan laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, serta check quality. Selain menjanjikan hasil bidikan yang mumpuni, kamera utama smartphone ini juga sudah support perekaman video 2160p@30fps dan 1080p@60fps.

Apik di belakang, Huawei P10 juga tidak ketinggalan untuk memberikan fasilitas bagi mereka yang suka selfie. Ya, bagi yang suka selfie, Huawei P10 sudah dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 MP dengan f/1.9.