pulsa-logo

Tiga Smartphone Sony Ini Diumumkan di IFA 2017, Apa Saja?


Galing

Kamis, 31 Agustus 2017 • 20:55

Xperia XZ1, Xperia XZ1 Compact, Xperia XA1 Plus, Harga Xperia XZ1, harga Xperia XZ1 Compact, Harga Xperia XA1 Plus


Sony Mobile pada hari ini (31/08/2017) telah mengumumkan tiga buah smartphone baru miliknya pada ajang IFA 2017 yang diadakan di Berlin, Jerman. Ketiga perangkat yang diresmikan meliputi Xperia XZ1, Xperia XZ1 Compact dan Xperia XA1 Plus. Xperia XZ1 dan XZ1 Compact akan didaulat sebagai smartphone flagship raksasa elektronik negeri sakura tersebut. Meski demikian posisinya masih tetap akan berada di bawah perangkat flagship Xperia XZ Premium yang resmi diumumkan pada bulan Maret lalu di MWC, Barcelona.

Xperia XZ1 (Foto: GSMArena)Xperia XZ1 (Foto: GSMArena)

Mengusung bentang layar 5,2 inci dengan resolusi full HD, Xperia XZ1 akan dijejali dengan teknologi Mobile HDR yang dikemas pula dengan desain unibody baru yang terbuat dari panel logam tunggal yang sengaja dipilih untuk mendapatkan sentuhan akhir yang jauh lebih mulus.  Adapun untuk seri Compact akan hadir dengan layar lebih kecil berukuran 4,6 inci pada tingkat resolusi 720p. Kemasan desainnya terbuat dari glass fibre woven plastic yang akan mengadopsi unibody tanpa disertai teknologi Mobile HDR.

Xperia XZ1 Compact (Foto: GSMArena)Xperia XZ1 Compact (Foto: GSMArena)

Kedua perangkat ini akan dipersenjatai dengan kamera belakang 19 megapiksel Motion Eye Memory yang mengakomodasi perekaman video slow motion 960fps sebagaimana yang terdapat pada Xperia XZ Premium. Didalamnya akan dibenamkan pula aplikasi 3D Creator yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemindaian 3D. Fungsi pemotretan hibrid prediktif yang dibekalkan pada XZ Premium juga dapat Anda temukan pada kedua perangkat ini dengan tambahan fitur baru smile shutter.

Kamera depan XZ1 akan menggunakan sensor berkekuatan 13 megapiksel, sementara sensor 8 megapiksel bisa ditemui pada sisi depan Xperia XZ1 Compact. Sensor depannya dapat mengambil gambar dan video dengan sudut tangkap 80 derajat atau 120 derajat yang dapat pengguna sesuaikan dengan kebutuhan.

Diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 835, kedua perangkat akan didampingi oleh RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD. Memakai baterai berkapasitas daya 2700mAh yang identik, keduanya juga akan dibekali pula dengan port USB Type-C serta sertifikasi tahan air dan debu masing-masing IP65 dan IP68. Menjalankan platform Android Oreo 8.0, dua perangkat ini sudah pasti akan jadi yang pertama dari smaprtphone jajaran Sony.

Xperia XA1 Plus (Foto: GSMArena)Xperia XA1 Plus (Foto: GSMArena)


Perangkat ketiga lebih menyasar konsumen kelas menengah dengan tenaga pacu MediaTek Helio P20 yang akan ditemani oleh RAM berkapasitas 4GB dan ruang internal 32GB yang mendapatkan dukungan perluasan kartu microSD. Memiliki bentang layar edge-to-edge display seluas 5,5 inci, Xperia XA1 Plus akan ditenagai oleh baterai dengan kapasitas 3430mAh. Bagian belakang perangkat tertanam kamera 23 megapiksel. Sedangkan bagian depannya menggunakan sensor sekelas 8 megapiksel. Seperti perangkat Sony lainnya, perangkat ini juga akan mengantongi pula sertifikasi IP65 atau 68.

Xperia XZ1 hadir dalam pilihan warna Black, Warm Silver, Moonlit Blue dan Venus Pink. Opsi warna Black, Snow Silver, Horizon Blue dan Twilight Pink akan tersedia untuk Xperia XZ1 Compact. Headset dengan warna senada juga akan Sony sediakan pula dengan yang mencakup SBH24 Stereo Bluetooth Headset dan STH32 Stereo yang akan dapat pengguna sandingkan bersama Xperia XZ1 dan XZ1 Compact.  Xperia XZ1 akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat pada tanggal 19 September mendatang melalui Amazon dan BestBuy. Sementara untuk XZ1 Compact akan bisa didapatkan mulai tanggal 4 Oktober mendatang melalui jalur pemasaran yang sama. Adapun label harganya adalah $699.99 atau sekitar Rp. 9,3 jutaan untuk Xperia XZ1 dan $599.99 atau berkisar Rp. 8 juta untuk Xperia XZ1 Compact.

Perangkat ketiga Xperia XA1 Plus baru akan dipasarkan pada musim gugur mendatang dengan perkiraan harga yang belum diungkap hingga saat ini. Opsi warna yang disiapkan adalah Black, Blue, Gold dan Pink yang ketersediannya mungkin akan berbeda-beda tergantung dengan wilayah pemasarannya. (Galing)

Sumber: 1, 2, 3