pulsa-logo

Cek di Sini! Apa Saja Kerusakan iPhone yang Digaransi dan Tidak Digaransi


Fauzi

Senin, 04 September 2017 • 14:05

Apple,iPhone


Selama ini tidak banyak dari konsumen yang mengetahui tentang bagaimana kebijakan perbaikan perangkat Apple dijalankan, termasuk bagaimana perusahaan itu menentukan berbagai hal termasuk garansi dan berbagai pelayanan lainnya.  

Sebuah bocoran dari “Visual/Mechanical Inspection Guide” atau "Panduan Inspeksi Visual/Mekanis" yang dibagikan oleh Business Insider memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana kebijakan perbaikan Apple dijalankan. Terkhusus yang menyoroti bagaimana Apple menentukan kapan harus menawarkan perbaikan dalam masa garansi, perbaikan yang tidak ada garansinya, atau penolakan  pelayanan dengan alasan tertentu.

Bocoran yang  tertanggal 3 Maret 2017 tersebut, dikenal secara internal sebagai "VMI" dan mencakup kebijakan  perbaikan perangkat Apple meliputi  iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone 7, bersama dengan model Plus untuk masing-masing seri.

Seorang teknisi di Apple mengatakan bahwa memang ada dokumen serupa untuk semua produk Apple, dan biasanya digunakan untuk pelatihan teknisi di Apple.

Panduan ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian hijau menunjukkan masalah di mana Apple akan memberikan layanan garansi, bagian berwarna kuning di mana Apple akan menawarkan perbaikan di luar garansi, dan bagian merah berisi contoh masalah yang akan ditolak Apple dalam memberikan layanan perbaikan.

Kasus debris  di bagian layar, anomali piksel, ketajaman kamera FaceTime, dan retakan-retakan halus di bagian layar adalah masalah yang akan diperbaiki Apple dengan garansi, meskipun ada kerusakan tambahan pada perangkat. 

Berdasarkan informasi  dari bocoran dokumen ini, dapat diketahui bahwa  Apple akan memberikan penggantian garansi kerusakan akibat benda cair yang dikonfirmasi oleh pengguna. Selain itu Apple juga memberikan perbaikan pada  perangkat Apple yang terkena korosi, patah atau kerusakan pada  LCD, kerusakan dari laser kamera, retakan pada beberapa titik dikarenakan benturan, komponen Lightning / audio / mikrofon yang rusak, abrasi ekstrim atau lubang karena tusukan, dan beberapa kerusakan yang dikarenakan pembengkokan yang tak disengaja.


Perangkat yang memiliki bagian yang diganti pengguna adalah meliputi gangguan atau kerusakan yang disengaja, kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan  baterai tidak original (non-Apple). Bahkan kerusakan akibat  bencana alam  sama sekali  tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan  penggantian atau  layanan sama sekali.

Apple juga memiliki seperangkat aturan khusus untuk kerusakan yang disebabkan oleh karena benda cair. Karyawan diinstruksikan untuk mencari tanda-tanda kerusakan air baik secara internal maupun eksternal saat mendiagnosis masalah, dan jika ada bukti adanya kontak dengan air, karyawan diberitahu untuk menolak beberapa perbaikan dalam garansi dan sebaliknya memberikan perbaikan tanpa garansi.

Menurut karyawan Apple, VMI tidak sering digunakan kecuali ada "masalah khusus" dan ini juga lebih merupakan panduan cepat  bagi staf dan teknisi Apple ketika harus mengganti dan melakukan pelayanan perbaikan ke pelanggan.

Aturan ini tidak berlaku untuk perangkat yang dicakup oleh AppleCare +, karena garansi tersebut memberi hak kepada pengguna ke dua penggantian atau perbaikan perangkat, bahkan untuk kerusakan yang tidak disengaja, asalkan pelanggan sanggup membayar sejumlah biaya.

Untuk perbaikan tanpa garansi, Apple mengenakan biaya  USD$ 130 sampai dengan USD$ 150 untuk perbaikan layar dan USD$ 300 sampai USD $ 350 untuk kerusakan lainnya. Sedangkan dengan AppleCare +, biaya perbaikan layar USD$ 29 dan kerusakan lainnya dikenakan biaya USD $ 99.

Sumber: MacRumors