pulsa-logo

Intel Luncurkan Prosesor Baru untuk iMac Pro


Galing

Senin, 04 September 2017 • 18:28

iMac Pro, Prosesor Xeon-W


Intel hari ini memperkenalkan prosesor Xeon-W generasi terbarunya di pameran dagang IFA di Berlin, dan beberapa  jajaran chip terbaru lainnya. Satu hal yang paling menonjol dari  Processor Xeon-W Generasi Terbaru  ini adalah kemampuan prosesor yang  memang ditujukan untuk iMac Pro.

Chip baru, yang menggunakan soket LGA2066 dan arsitektur Skylake-SP, hadir dalam  konfigurasi core 8, 10, dan 18  dengan Turbo Boost hingga clock speed mencapai  4.5GHz, 48 jalur PCI Express 3.0, dan mendukung memori hingga 512GB DDR4-2666 ECC.

Apple mengatakan bahwa iMac Pro akan menampilkan prosesor Intel Xeon, dengan chip inti 8, 10, dan 18 yang  tersedia sebagai konfigurasi opsional dengan cache sampai 42MB dan Turbo Boost maksimum hingga 4.5GHz.

Foto: MacrumorsFoto: Macrumors

Secara khusus, Apple boleh jadi tengah merencanakan untuk menggunakan prosesor Xeon-W Generasi Terbaru  yang mencakup processor 8 core  Xeon W-2145 dengan clock speed 3,7 GHz,  processor  10 core  Xeon W-2155 dengan clock speed 3.3GHz, dan  processor  18 core  Xeon W-2195 dengan clock speed  2.3GHz. Harga per-komponen chipset akan dipatok mulai dari USD $ 1.113 atau sekitar 14 jutaan, namun demikian untuk label harga dari prosesor high-end 18-core masih belum diungkap hingga kini.

Menurut Intel, processor Xeon-W generasi terbaru tersebut menawarkan peningkatan kinerja 1,87 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan workstation yang telah berusia 4 tahun dengan prosesor Intel Xeon E5-1680 v2 Romley dan 1,38 kali lebih cepat kinerjanya jika dibandingkan dengan chip Xeon E5-1680 v4 generasi sebelumnya.

Intel berencana untuk merilis varian chip high-end 18-core pada kuartal keempat tahun 2017, yang juga sesuai dengan target tanggal rilis iMac Pro.

Meskipun chip Xeon-W generasi terbaru tampaknya memang akan digunakan untuk iMac Pro, namun masih menjadi pertanyaan besar apakah Apple akan menggunakan  chipset tersebut  di iMac Pro. Sebuah rumor  yang dirilis pada bulan Juni dari Pike's Universum menyebutkan  bahwa Apple  akan menggunakan prosesor Purley berbasis server Intel dengan soket LGA3647 dan bukan soket LGA2066. Namun kabar tersebut tidak menyertakan informasi apakah chipset tersebut  memang  sesuai untuk iMac Pro.


Selain kabarnya akan menggunakan  prosesor Xeon generasi terbaru, iMac Pro juga akan menggunakan mesin pengolah grafis Radeon Pro Vega yang telah mendukung ruang penyimpanan hingga 4TB, empat port Thunderbolt 3, RAM ECC dengan  besaran hingga  128GB, dan arsitektur termal yang didesain ulang untuk mendukung komponen tersebut.

Rumor berdasarkan temuan firmware menunjukkan bahwa iMac Pro  kemungkinan akan menyertakan Secure Enclave dengan co-processor ARM seperti MacBook Pro dengan Touch Bar, namun pada saat ini tidak jelas fungsi apa yang akan digunakan dari Secure Enclave tersebut karena Apple tidak membeberkan rinciannya lebih lanjut.

IMac Pro diposisikan sebagai perangkat  mesin workstation yang menyasar pengguna profesional dengan tuntutan alur kerja yang tinggi serta akan dibanderol seharga USD$4,999 (setara dengan Rp. 66,5 jutaan). (Nariswari/Galing

Sumber: Macrumors