pulsa-logo

Lebih Dekat dengan Mi A1, Android One Pertama Xiaomi dengan Dual Kamera


dian iskandar

Rabu, 06 September 2017 • 01:40


Baru saja Xiaomi secara resmi mengenalkan seri Mi A1 yang merupakan perangkat Android One pertamanya hasil kolaborasi dengan Google.  Cukup menarik mengingat pengalaman pengguna akan menjalankan OS Android Stock, OS bawaan Google bukan MIUI.

Dari sisi fitur, produk ini cukup menarik sebab teknologi dual kamera yang memadukan lensa wide dan telephoto tak banyak di pasaran. Berbekal komibasi 12 MP + 12 MP dengan 2x optical zoom dan 1.25µ piksel atau mirip dengan kombinasi kamera iPhone 7 Plus. 

Nah, PULSA berkesempatan ‘mencicipi’ Xiaomi Mi A1. Apa saja sih yang menarik dari Mi A1 ini?

Disain

Xiaomi Mi A1 mengandalkan bahan metal untuk keseluruhan bodinya. Sekilas terlihat sisi bodi terkesan cukup licin tapi Anda tak perlu kuatir penampilan Mi A1 terlihat kusam, sebab perangkat ini juga sudah dibekali dengan anti fingerprint yang tak akan meninggalkan bekas sidik jari di permukaan bodi.


Penampilan Mi A1 lumayan seksi, dengan dimensi 155,4 x 75.8 x 7.3mm, boleh dibilang ramping.  Meski tidak mengandalkan disain bezel less, perangkat ini pun tak terlihat kuno. Apalagi, pilihan warnanya juga up-to-date, ada gold, rose gold dan hitam.

Beralih ke layar, Mi A1 tampil dengan layar lengkung 2.5D sebesar 5,5 inci, uuran yang ideal, tak terlalu besar juga cukup nyaman digenggam. Layar Mi A1 berteknologi LTPS IPS, 16M warna yang dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass.  

Tombol-tombol fisik seperti volume dan tombol power terletak di sisi kanan sementara di sisi kiri ada tray slot SIM dan kartu memori. Di bagian belakang juga terdapat pemindai sidik jari.

Kamera

Mi A1 menggabungkan konfigurasi kamera ganda yang serupa dengan Mi 6, flagship terbaru Xiaomi, dengan lensa wide angle (bersudut lebar) dan lensa telephoto (lensa tele) yang bisa menghasilkan efek luar biasa.

Kedua lensa tersebut memungkinkan Mi A1 untuk memperhitungkan latar depan (foreground) dan latar belakang (background) dari objek, guna menciptakan efek depth-of-field yang biasanya hanya dapat dihasilkan oleh kamera DSLR, serta memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan tingkat kejernihan dan ketajaman warna yang tidak tertandingi.

Selain itu, mode Beautify terbaru yang dapat membuat swafoto terlihat lebih natural, kini dapat digunakan baik di kamera depan 5MP maupun kamera ganda belakang 12MP. Mi A1 memiliki fitur 2x optical zoom yang membuat subjek foto di kejauhan tetap terlihat jelas, serta dukungan 10x digital zoom yang juga mendukung perangkat ini.

Antarmuka

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa sistem operasi Mi A1 menggunakan Stock Android bukan MIUI. Ini juga akan terlihat perbedaaannya pada tampilan antarmuka. Semua ikon akan aplikasi akan muncul ketika Anda menekan tombol panah.

Versi Android yang digunakan adalah 7.2.1 alias Nougat. Mesi begitu, Mi A1 akan segera mendapat update Android O. Kelebihan lainnya dari Android One adalah, Anda bisa menikmati layanan Google Photo unlimited. Jadi tak perlu lagi takut kehabisan memori penyimpanan di perangkat.

Paket Penjualan

Paket Xiaomi Mi A1 cukup standar, seperti perangkat, charger dan buku manual. Antara charger dan kabel dibuat terpisah. Meski masuk kategori terjangkau, Mi A1 sudah dibekai dengan kabel sdata USB 3.0 atau type C.  

Nah kebetulan, produk yang kami pegang ini adalah versi yang akan dipasarkan di India sehingga standar charger menggunakan tiga kaki. Ini akan berbeda dengan produk yang akan dijual di Indonesia dimana charger standarnya adalah menggunakan dua kaki saja.

Dapur pacu

Didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang diproduksi melalui proses fabrikasi 14nm, serta baterai 3080mAh, Mi A1 bisa Anda andalkan untuk berbagai aktivitas seperti bekerja juga bermain game. Apalagi, kinerja ini juga ditopang dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

Mi A1 juga menawarkan amplifier daya 10v untuk suara yang lebih tajam dan volume yang lebih tinggi, serta memastikan perangkat ini dapat memberikan pengalaman media yang terbaik. Sebuah amplifier khusus juga memberikan dukungan untuk headphone dengan impedansi tinggi (high-impedance headphones) (hingga 600 ohms).

Lalu kapan Mi A1 masuk ke Indonesia? Kabarya akhir September perangkat ini sudah dipasarkan di tanah air.

Fitur Utama Mi A1:

Bodi premium full metal

Kamera ganda, optical zoom:

12MP wide angle + 12MP telephoto

Potret foto sempurna dengan latar belakang blur Mode Beautify, untuk meningkatkan hasil swafoto sehingga lebih alami

Kamera depan 5MP

Qualcomm® Snapdragon™ 625 dengan teknologi 14nm FinFET (Octa-core 2.0GHz)

Kapasitas penyimpanan internal 4GB RAM + 64G Penyimpanan microSD yang dapat diupgrade hingga 128GB

Layar 5,5 inci full-HD Corning® Gorilla® Glass

Kapasitas baterai 3080mAh, USB port Type-C

Sensor sidik jari di bagian belakang

IR blaster, dengan aplikasi Mi Remote

Dual SIM (3-choose-2 hybrid SIM tray)

Dimensi: 155,4 x 75.8 x 7.3mm

Berat: 165g

Warna tersedia dalam Black, Gold, dan Rose Gold

Stock Android

(*)