pulsa-logo

Jika Rusak Smartphone Pendiri Android Tak Bisa Diperbaiki, Kenapa ?


Fauzi

Rabu, 06 September 2017 • 11:27

Essential Phone


Setelah banyak penundaan, Essential Phone akhirnya mulai dikirimkan. Jika sejauh ini Anda sudah berniat untuk membelinya, ada baiknya Anda memikirkan masak-masak terlebih dahulu. Bukan apa-apa, ternyata Essential Phone adalah smartphone yang tidak akan bisa diperbaiki jika mengalami kerusakan. Adalah iFixit yang mengungkapkan fakta mengejutkan tersebut, melalui serangkaian pengujian menyeluruh terhadap smartphone Essential tersebut.

Essential Phone mencetak 1 dari 10 pada skala kemampuan perbaikan (fixability)  yang dibuat oleh iFixit, di mana 10 berarti paling mudah diperbaiki. Seperti yang Anda tahu, handset terbuat dari bahan premium - bingkainya adalah titanium, pelat belakangnya adalah keramik.

Penggunaan bahan eksotis semacam itu mungkin di satu sisi patut dihargai sebagai bahasa desain yang mengedepankan konsep premium dan elegan, namun patut disalahkan karena Anda harus membengkokan smartphone agar bisa masuk ke dalamnya. Kabar baiknya adalah, di mana sekrup yang digunakan di smartphone ini, semuanya berjenis standar. Baterai pun  diamankan pada tempatnya dengan semacam perekat yang tahan banting, tapi itu tidak ada gunanya karena sangat sulit didapat jika mengalami kerusakan.

Essential Phone menyembunyikan tiap celah  yang hampir tak terlihat di dalamnya, dengan banyak perekat. Port USB-C nya disolder ke motherboard, yang membuatnya sulit untuk diganti - dan ingat, ini mungkin dikenakan tingkat korosi  “ekstra”  dikarenakan tidak adanya  soket headset 3.5mm.

Sementara itu, ketika Anda menemukan masalah perangkat keras di smartphone ini, Anda sepertinya harus mengurungkan niat jika ingin  mereparasi atau menggantinya, karena  kerusakan perangkat keras yang akan terjadi di Essential Phone akan sulit dikenali dan tidak dapat diperbaiki.

Sumber: Ifixit & GSMarena

 

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44