pulsa-logo

Keren! Samsung Gear VR Bisa Diagnosis Kesehatan Mental Manusia


Galing

Rabu, 06 September 2017 • 17:11

Samsung Gear VR, Peranti Sandang Samsung, Wearable Samsung


Perangkat VR (virtual reality) yang sedang trend saat ini, selain dimanfaatkan untuk menjadi perangkat multimedia  yang unik dan menghadirkan pengalaman yang lebih nyata dan “hidup” bagi tiap pengguna, ternyata juga memiliki manfaat lainnya yang sangat besar. Tahukah Anda, bahwa salah satu perangkat VR populer yakni Samsung Gear VR ternyata bisa membantu mendiagnosis kesehatan mental manusia lho! Kok bisa?

Samsung telah mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan Gangnam Severance Hospital dan perusahaan strartup fashion dan perangkat VR yang berbasis di di Korea Selatan bernama  FNI untuk menciptakan satu set program khusus yang digunakan untuk mendiagnosis kesehatan mental yang memanfaatkan  headset dan ekosistem Samsung Gear VR.

Foto: Android HeadlinesFoto: Android Headlines

Fokus dari usaha tersebut ada pada pencegahan upaya bunuh diri (attempt suicide)  dan penilaian psikologis dasar, membantu memberi sebuah wadahkepada inpidu untuk membentuk percakapan antara pengguna  dengan para profesional medis, dan untuk membantu inpidu yang berjuang dengan pemikiran dan kecenderungan bunuh diri.

Rancangan program khusus  ini adalah membuat sejumlah program yang nantinya akandiuji di rumah sakit, menggunakan data pasien yang ada sebagai dasar untuk membuat dan menguji tools dari Samsung Gear VR. Dari situ, perangkat akan siap untuk digunakan sebagai pendeteksi  di pusat pemulihan demensia sertasekolah-sekolah, sebelum akhirnya tersedia secara komersial untuk umum. Ini semua dijadwalkan akan mulai dirilis pada tahun2018.

Program tersebut dikatakan untuk memanfaatkan teknologi AI (artificial intelligence)dan data pasien mental untuk membangun program kesehatan medis secara komprehensif seputar jenis penyakit jiwa tertentu.

Program  khusus tersebut termasuk di dalamnya adalah  kursi yang dibuat khusus, dan akan diproduksi untuk pendukung penggunaan perangkat Samsung Gear VR.  Perangkat pintar Samsung Gear S3, aplikasi S-Health, dan asisten virtualBixby AI semuanya akan berperan pentingdalam produk jadi di program tersebut.  Namun inti dari semuanya akan menjadi pengalaman VR yang dimaksudkan untuk membantu pasien menemukan faktor risiko dan mencari solusi penyembuhan dari gangguan kejiwaan yang mereka alami.

Penggunaan VR dalam perawatan kesehatan jiwadan bahkan kesehatan mental bukanlah hal yang baru, namun pengembangan ini akan menjadi pengalaman VR pertama yang dibuat untuk secara khusus  menangani diagnosis kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri menggunakan perangkat keras yang dijual bebas di pasaran. Hal ini tentu akan sangat berguna, sehingga lebih mudah diakses.


Sampai sekarang, pengalaman VR tersebut bukandimaksudkan untuk mengobati pasien, melainkan hanya sebagai perangkat untuk membantu dalam proses diagnosis serta memberikan pertolongan pertama atas inpidu dengan kecenderungan melakukan bunuh diri yang tinggi. Pemberian pertolongan ini dimaksudkan sebagai bentuk tindakan pertama sebelum pasien mental tersebut mendapatkan perawatan lanjutan.

Beberapa waktu yang lalu, sempat ada kabar bahwa  perangkat keras VR dapat digunakan oleh perusahaan asuransi kesehatan Medibank,  untuk meredakan perasaan kesepian dan isolasi bagi pasien yang tinggal di rumah sakit dalam waktu yanglama. Sistem serupa, yang dibangun di atas Gear VR by Build VR, dimaksudkan untuk membantu melibatkan perasaan positif pada pasien yang menderita penyakit seperti Demensia. (Nariswari/Galing

Sumber: AndroidHeadlines