pulsa-logo

Sedot Data Meski Ada Wi-Fi, Bug Android Oreo ini Tuai Kritikan


Galing

Rabu, 06 September 2017 • 17:22

Android Oreo, Bug Android Oreo


Belum genap sebulan dirilis ke publik, versi  terbaru dari sistem operasi Android yakni OS Android v8.0 Oreo mulai menuai masalah. Bagi pengguna perangkat berbasis OS Android v8.0 (Oreo) ada baiknya mulai saat ini sering melakukan pengecekan dan memeriksa jumlah data seluler milik mereka. Karena OS Android Oreo yang menggunakan koneksi WiFi, bisa tiba-tiba beralih menggunakan koneksi jalur mobile data. Yang tentu, nantinya bakal memangkas pulsa milik pengguna. Waduh…

Kabar ini bermula dari postingan seorang  pengguna di forum Redditbernama Unusual_Sauce yang melaporkan bahwa kuota data mobile mereka ikut tersedot meskihandset dalam posisi tengah terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jelas ini sangat aneh!

Foto: Android HeadlinesFoto: Android Headlines

Pengguna laindi thread yang sama turut melaporkan pula bahwa mereka tidak tertimpa masalah yang serupa. Tampaknya kejadian ini berlangsung acak dengan pola gangguan yang tidak dapat ditelusuri.

Google dikabarkan telah mengetahui dan  menyadari masalah ini dan mereka mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah  bekerja untuk  memperbaiki dan mencari solusi dari hal tersebut.  Namun memang, untuk saat ini, tidak ada operator seluler yang mengeluarkan pernyataan resmimengenai masalah ini.

Untuk saat ini, satu-satunya solusi yang dapat diambil oleh tiap pengguna yang memiliki masalah ini adalah dengan hanya menonaktifkan data seluler saat berada di Wi-Fi. Tidak ada pengaturan otomatis yang bisa pengguna lakukan, jadi pengguna harus menonaktifkan data seluler saat masuk ke koneksi Wi-Fi secara manual.

Sistem operasi Android biasanya sangat baik dalam  menangani pengguna yang aktif  bolak-balik dalam penggunaan  antara jaringan Wi-Fi dan seluler yang tersedia di smartphoneberdasarkan kekuatan kedua jaringan. Bahkan bisa melakukan auto  (tidak manual) tergantung pada kekuatan jaringan koneksi.  

Nah, temuan dari Bug terbaru yang membuat dampak pada penggunaan mobile data pengguna baru-baru ini menunjukkan bahwa perangkat  berbasis OS Android Oreo mereka terhubung dan menggunakan Wi-Fi, namun tetap memangkas paket data seolah-olah tidak ada Wi-Fi. Sejauh ini, belum ada laporan dari pengguna yang dapat menyimpulkan apakah data seluler dan Wi-Fi ketika masalah ini terjadi sedang digunakan secara bersamaan, seperti mode Download Boost yang terdapat pada perangkat Samsung, ataukahjika perangkat tersebut menggunakan data seluler secara eksklusif.


Seperti yang dinyatakan di atas, pengguna yang khawatir akan terkena dampak masalah ini dapat menonaktifkan data seluler kapan pun mereka berada di sekitar koneksi Wi-Fi. Atau mereka dapat pula melakukandowngrade alias penurunan versi OS dariAndroid Oreo ke Nougat atau bahkan versi lain yang lebih rendah.  (Nariswari/Galing

Sumber: AndroidHeadlines