pulsa-logo

Ngeri! Fitur Pengenalan Wajah pada Samsung Galaxy S8 dan Note 8 Bisa Dikelabui Pakai Foto


Galing

Rabu, 06 September 2017 • 17:25

Galaxy S8, Galaxy Note 8, Pengenalan Wajah Android


Dari membaca judul di atas, tentunya  ini merupakan mimpi buruk  yang paling menakutkan bagi  Samsung yang selama ini berupaya keras untuk mengemas dan mengembangkan flagship generasi terbarunya dengan kualitas sebaik mungkin. Salah satunya dikarenakan besarnya harapan Samsung untuk memulihkan citra dan nama baik mereka sejak kegagalan Samsung Galaxy Note 7 karena  komponen baterai yang bermasalah serta menimbulkan risiko keamanan bagi konsumen. Namun, siapa sangka bahwa Samsung memiliki babak baru dari mimpi buruknya di Samsung Galaxy Note 8?

Foto: NDTVFoto: NDTV

Dikabarkan bahwa fitur pengenal wajah (Face Recognition) di  Samsung Galaxy Note 8 dapat “dikelabui” dan tertipu. Hal ini jelas sangat mengejutkan, karena beberapa waktu yang lalu ada beberapa pengguna Samsung Galaxy S8 yang mengatakan bahwa  Galaxy S8 dapat dikelabui cuku dengan menggunakan gambar dari sebuah foto.

Menurut seorang  pengembang perangkat lunak bernama  Mel Tajon, selama dirinya mereview dan menjajal berbagai fitur di unit Samsung Galaxy Note 8 yang dibelinya  di Best Buy, ia bisa menipu fitur pengenal wajah di Galaxy Note 8 dengan sebuah foto yang ditayangkan pada layar smartphone lain. Dia mengakubahwa langkah sederhana ini  dengan menjajalnya berkali-kali. Dan bahkan mencoba melakukan otentifikasi face recognition hanya dengan menggunakan beberapa foto profil Facebook dan foto diri Instagram dari iPhone-nya. Dan ngerinya, proses tersebut masih bisa membuka Galaxy Note 8!

Mel Tajon di sini menunjuk pada beberapa  kemungkinan yang mungkin menyebabkan masalah  tersebut. Yang pertama, katanya, mungkin saja unit  Samsung Galaxy Note 8 yang diperolehnya dariBest Buy punya masalah atau kecacatan, tapi jelas pihak ritel tentu  tidak mau buka suara atau berkomentar soal ini.

Yang kedua, apakah fitur face recognition  Samsung itu memang  buruk dan kurang sempurna, dan menurut  Mel Tajon bahwa teknologi pengenalan  wajah yang terdapat di Samsung Galaxy Note 8 dan Samsung Galaxy S8 tidak  akurat  dan hanya mampu mendeteksi wajah yang  “mirip” dengan wajah pengguna. Meski hanya dari  foto.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, di dalam  Samsung Galaxy S8 juga ditemukan celah yang sama dalam fitur unlocking berbasis pengenalan wajah (face recognition).

Anda dapat melihat  postingan video Mel Tajon saat mengelabui fitur pengenalan wajah di Samsung Galaxy Note 8  melalui video berdurasi  12 detik di bawah:   


Sedangkan jika Anda ingin melihat tayangan video seorang pengguna Samsung Galaxy S8 yang berhasil mengelabui fitur pengenalan wajah yang dibenamkan di dalamnya, maka Anda dapat melihatnya pada video di bawah:

Samsung sendiri sejauh ini  belum  menganggap bahwa fitur pengenalan wajah adalah proses  otentifikasi yangbenar-benar aman. Sehingga hingga detik ini Samsung masih belum menjadikan  fitur face recognition sebagai pilihan otentikasi  utama untuk fitur pembayaran yang aman, termasuk untuk otentifikasi  Samsung Pay. (Nariswari/Galing)

Sumber: NDTV