pulsa-logo

LG Baru Dapat Memasok Komponen Layar OLED iPhone pada Tahun 2019


Galing

Kamis, 07 September 2017 • 20:01

iPhone 2019, iPhone 10, iPhone 12, iPhone 15


Mengikuti kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa Samsung kemungkinan besar menjadi pemasok tunggal display OLED untuk handset generasi terbaru Apple yakni iPhone 8, sebuah rumor terbaru pada Rabu malam (6/9) menegaskan kembali klaim sebelumnya bahwa upaya Apple untuk melakukan persifikasi rantai pasokannya dengan panel dari LG sepertinya tidak akan terwujud. Setidaknya hingga tahun 2019.

Mengutip keterangan dari beberapa narasumber di LG yang memiliki informasi tentang masalah ini,mengatakan bahwa LG ingin mencapai kapasitas produksi OLED penuh pada tahun 2019.  Dengan batch kecil yang diusahakan untuk tersedia pada akhir 2018.

Foto: Apple InsiderFoto: Apple Insider

Perusahaan elektronik dan teknologi yang berbasis diKorea Selatantersebut kabarnya saat ini telah memasuki pada tahap akhir negosiasi dengan pihak Apple mengenai penentuan harga komponen per-unitnyadan rincian lainnya. Termasuk pembicaraan tentang solusi yang akan mereka hadapi jika menemui beberapa rintangan menuju proses manufaktur.

LG, salah satu dari sedikit produsen komponen layarOLED di dunia, saat ini memasok komponen layar OLED keApple untuk Apple Watch. Sebenarnya, posisi LG cukup kuat sebagai pemasok layar OLED ke Apple, hingga Samsung mulai memasuki bisnis yang sama pada akhir 2015. Dan menjadi salah satu kompetitor paling sengit LG.

Baru-baru ini, LG telah mengalami masalah terkait pembuatan panel OLED yang berukuran lebih besar yang sesuai untuk ponsel cerdas seperti iPhone. Secara khusus, perusahaan baru saja membeli peralatan penguapan, yakni merupakan alat yang menjadi kunci proses produksi layar OLED untuk smartphone.

Rumor terbaru tersebut kemungkinan mengacu pada mesin deposisi uap yang dibangun oleh Canon Tokki, sebuah anak perusahaan dari Cannon. Mesin yang disebut ELVESS OLED ini menggunakan mekanisme pelacakan kamera yang dipatenkan untuk menanamkan piksel dengan tingkat margin error yang sangat kecil.

Sebuah kabar yang dikutiptahun lalu dari media lokal di Korea Selatan memperkirakan bahwa hampir semua panel OLED yang beredar dan diproduksi menggunakan mesin ELVESS tersebut. Termasuk komponen yang dibuat oleh produsen utama seperti Samsung, LG dan Sharp.


Meskipun proses produksi telah ditingkatkan hingga dua kali lipat pada tahun 2016, Canon Tokki hanya sanggup membuat kurang dari sepuluh unit setiaptahunnya yang berdampak pada penumpukan orderan. Menurut kabar yang tersiar pada hari ini, Samsung bahkan telah berhasil mengalahkan LG dengan memesan lebih banyak mesin yang menempatkan posisinya sebagai pemasok kuat komponen smartphone global. Dan hingga saat ini Samsung terlihat lebih kuat dan lebih siap untuk bekerja meningkatkan produksi komponen layar OLED ke tingkat yang memadai.

Terpacu dengan langkah Samsung tersebut, dan sekaligus untuk membantu mempercepat prosesnya, LG menginvestasikan dana sebesar USD$ 7 miliar untuk memperluas kapasitas produksi pabrik OLED mereka yang berlokasi di China.

Apple bahkan turut memberikan dana investasi sebesar USD$ 2,7 miliar untuk membantu LG dalam memenuhi tingkat produksi layar OLED yang ditargetkan. Jumlah dana sebesar itu sekaligus akan dimasukkan sebagai bagian dari pembayaran “uang muka”untuk pasokan layar OLED yang harus LG kirimkan kepada Apple untuk iPhone generasi mendatang yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2019 nanti.

Analis KGI yakni Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple hingga saat ini mau tidak mau harus mengandalkan Samsung untuk supply panel OLED untuk penggarapan iPhone 8. Karena LG belum siap untuk membantu pasokan layar OLED untuk iPhone terbaru, dan baru akan siap di tahun 2019. (Nariswari/Galing)

Sumber: AppleInsider

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44