pulsa-logo

Google Bersiap Membeli Bisnis Smartphone HTC


Galing

Jum'at, 08 September 2017 • 10:32

Google Pixel 2, Google Pixel XL 2


Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Setelah bertahun-tahun berjuang untuk memperkuat posisinya di bisnis smartphone global, HTC nyatanya belum sukses secara finansial, terutama dari bisnis penjualan smartphone. Hal inilah yang kemudian jeli dilihat oleh Google, dan ini mengarah pada kemungkinan Google akan berancang-ancang untuk membeli bisnis smartphone HTC.

Hal ini mulai terendus di kala beberapa hari yang lalu terjadi pembicaraan  formal yang diadakan antara Google dan HTC tentang kemungkinan akuisisi bisnis smartphone HTC (dengan mengecualikan bisnis VR Vive).  Namun memang,  informasi ini masih terlalu dini dan sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak HTC maupun Google terkait rencana akuisisi bisnis smartphone HTC oleh Google tersebut. 

Namun jika hal ini benar, cukup masuk akal karena dua alasan:

1.       Google membutuhkan dukungan pembuat perangkat keras yang mumpuni untuk memproduksi smartphone GooglePixel andalannya.

2.       HTC baru saja mengalami masa finansial terburuk dalam 13 tahun terakhir, dan di periodeAgustus 2017 terlihat penurunan pendapatan yang sangat tajam dari tahun ke tahun sebesar 54% dan sebesar 51% penurunan dari bulan sebelumnya.

Ada rumor terbaru yang mengatakan bahwa Google akan menunjuk LG untuk membuat GooglePixel XL 2. Dan ini jelas akan mengurangi keuntungan HTC (perlu Anda ketahui bahwa HTC-lah yangmembuat ponsel Pixel generasi pertama).

Namun, masih harus dilihat apakah Google tertarik untuk membeli bisnis smartphone HTC. Terutama jika kilas balik di saat Google membeli bisnis smartphone Motorola dengan sangat mahal dan kemudian menjualnya kurang dari 2 tahun kemudian tanpa alasan yang jelas. (Nariswari/Galing


 

Sumber: GSMArena