pulsa-logo

Dua Ponsel OPPO Pepet Penjualan iPhone 7 dan Pecundangi Samsung Galaxy S8


Hairuddin

Jum'at, 08 September 2017 • 13:10

OPPO, A57, Counterpoint, Penjualan, Data, Kalagkan Samsung Galaxy S8, iPhone 7,


Selain didapuk sebagai produsen smartphone dengan pertumbuhan tercepat secara global, beberapa produk OPPO ternyata juga membukukan prestasi dari sisi penjualan. Berdasarkan laporan Counterpoint Market Pulse, dua produk OPPO yakni R11 dan A57 berhasil mempercundangi penjualan Samsung Galaxy S8, Xiaomi Redmi Note 4X dan memepet ketat Apple iPhone 7 dan 7 Plus.

R11 merupakan perangkat yang membawa popularitas OPPO di tahun ini, namun sayangnya perangkat tersebut tidak hadir di Indonesia. Dari laporan counterpoint, hal yang menarik untuk disimak adalah kehadiran A57 menjadi perangkat yang meraih penjualan terbaik selain R11. A57 sendiri hadir di Indonesia mulai 26 April 2016. Perangkat yang mengusung jargon "Unstoppable Selfie" ini hadir dengan target pasar anak muda yang aktif di sosial media dan banyak memanfaatkan fitur kamera selfie.

Dari data yang dilansir Counterpoint, OPPO R11 mengantongi angka 2.1% market share penjualan secara global, sementara OPPO A57 membukukan angka 2.0% dan melibas Samsung Galaxy S8 yang hanya memperoleh angka penjualan 1.8%. Sementara iPhone 7 berada di puncak penjualan dengan mencatatkan perolehan 4.0% dan iPhone 7 Plus di level 2.9% penjualan.

"A57 memang menjadi salah satu perangkat smartphone favorit pilihan konsumen Indonesia. Posisi penjualannya berada percis dibawah OPPO F3, perangkat ini banyak terjual di kota - kota yang memiliki banyak anak muda yang aktif bersosial media seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya, Perangkat ini menghadirkan keseuaian antara spesifikasi tinggi, kualitas kamera yang baik dan harga yang menarik," ujar Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia.

Sebagai seri yang mengusung kekuatan kamera selfie, A57 membawa kamera depan 16 Megapixel yang dilengkapi beautify 4.0. Sedangkan kamera utamanya mengusung sensor Sony IMX 258 dengan besaran 13 Megapixel yang dilengkapi fitur 5 lapisan lensa, PDAF dan diafragma F/2.2.

Mengusung internal 32GB, OPPO memastikan perangkat ini tercukupi untuk menampung hasil foto selfie pengguna. Performa perangkat ini didukung oleh prosesor octa-core 64 bit Snapdragon 435, RAM 3GB dan kapasitas baterai sebesar 2.900 mAh. Tidak lupa sisi keamanan OPPO menyematkan finger print berjenis solid-state seperti pada F3. Tak heran jika di beberapa negara menyebut perangkat ini sebagai F3 Lite.


Di Indonesia angka penjualan A57 cukup baik. Berada percis di bawah perangkat paling populer OPPO, F3, A57 banyak di incar oleh konsumen muda OPPO di luar Jakarta. Kehadiran warna hitam perangkat ini menjadi pendongkrak faktor popularitas A57 di kalangan anak muda. Harga perangkat ini cukup menarik, dilepas dengan harga 2.8 juta, di Indonesia, A57 hadir dalam warna gold dan black.