pulsa-logo

Peluncuran Snapdragon 836 Ditunda, Google Pixel 2 Akankah Kena Imbasnya?


Fauzi

Senin, 11 September 2017 • 14:38

Qualcomm Snapdragon 836


Desas-desus mengenai prosessor Snapdragon 836 hingga kini masih berhembus kencang. Terbaru, sebagaimana kabar yang mencuat Weibo beberapa hari lalu disebutkan bahwa Qualcomm tidak memiliki rencana untuk meluncurkan prosesor Snapdragon 836 tahun ini.

Dan kini sebuah informasi terbaru tentang portofolio Qualcomm tersebut bocor di media online. Disebutkan bahwa Qualcomm menunda peluncuran Snapdragon 836, dan berencana untuk memperkenalkannya di tahun depan.

Jelas ini membuat kalang kabut bagi  beberapa vendor yang bersiap “meminang” prosesor tersebut untuk dijalankan di smartphone generasi mendatang mereka. Seperti misalnya  Google Pixel 2 dan Pixel XL 2 yang diperkirakan akan diluncurkan pada musim gugur ini. Nyatanya, Google  mengurungkan niatnya untuk menggunakan prosesor Snapdragon 836, dan lebih memilih untuk menggunakan Snapdragon 835 yang saat ini sudah beredar.  

Menurut kabar terbaru yang dibagikan oleh Evan Blass (@evleaks) di Twitter, Qualcomm memang menjanjikan ke Google bahwa prosesor Snapdragon 836 akan diluncurkan di beberapa titik, namun tidak di tahun ini. Namun kemudian Qualcomm akhirnya menunda peluncuran chipset tersebut karena alasan yang tidak diketahui. Rupanya, Snapdragon 836 baru siap untuk dirilis sekitar awal tahun 2018, dan kemungkinan akan diluncurkan dengan merek / nama yang berbeda.

Intinya adalah bahwa lineup Qualcomm yang diluncurkan di sepanjang tahun 2017 belum  mencakup chipset Snapdragon 836, dan prosesor Snapdragon 835 masih merupakan pilihan yang tepat bagi perusahaan smartphone yang membutuhkan prosessor high end.