pulsa-logo

Samsung Siap Buat Chipset dengan Proses Produksi 11nm & 7nm di Tahun Depan


Galing

Selasa, 12 September 2017 • 09:58

Chipset Exynos


Foto: Samsung News RoomFoto: Samsung News Room

Samsung telah mengumumkan rencana mereka untuk mengenalkan chipset yang diproduksi dengan teknologi 11nm yang ditujukan untuk perangkat kelas menengah  atas. Saat ini, perusahaan elektronik raksasa yang berbasis di Korea Selatan tersebut  menggunakan proses 10nm untuk penggarapan chipset Exynos high-end yang ditemukan di dalam smartphone Samsung Galaxy Note 8 dan jajaran Samsung Galaxy S8. Pembuat smartphone asal Korea Selatan tersebut tampaknya tengah membangun chipset berdasarkan teknologi 11nm dengan harapan bahwa prosesor tersebut dapat memperkuat portfolio perusahaan untuk mengisi perangkat di antara segmen pengguna kelas menengah dengan kelas atas seperti jajaran smartphone Samsung Galaxy A misalnya.

Saat ini, seri Samsung Galaxy A menjalankan processor yang dibangun dengan proses 14nm, namun berkat teknologi 11nm yang baru, chip diklaim akan mencapai dimensi 10%  lebih kecil sekaligus meningkatkan kinerja sebesar 15% tanpa mempengaruhi konsumsi daya.

Menurut  Samsung, mereka telah berencana untuk memasuki proses produksi chipset dengan proses 11nm sesuai jadwal mereka di semester pertama 2018.  Artinya Samsung Galaxy A Series (2018) kemungkinan akan menjadi salah satu smartphone yang menggunakan chip baru Samsung tersebut, meski model Galaxy J dan bahkan line-up Galaxy C kabarnya juga akan menjadi perangkat yang akan mengadopsi prosesor tersebut.

Bersama dengan teknologi pemrosesan baru tersebut, Samsungsekarang akan merangkul lebih banyakteknologi produksi prosesor mulai dari proses 14nm, 11nm, 10nm, 8nm, dan 7nm dalam tiga tahun ke depan.  Sehingga memungkinkan Samsung untuk mencakup lebih banyak penggunaan yang spesifik bagi setiap produk yang berbeda.

Namun itubukan satu-satunya berita yang dimiliki oleh Samsung, karena mereka juga mengkonfirmasikan bahwa mereka saat ini sedang melakukan pengembangan produksi prosesor dengan teknologi 7nm. Dan Samsung memprediksi bahwa proses produksi prosesor dengan teknologi 7nm tersebut akan memasuki produksi pada semester kedua tahun 2018, yang mengisyaratkan adanya kemungkinan pengadopsiannya di smartphone papan atas yang diproduksi pada tahun 2019.

Sebenarnya cukup menarik jika ada prediksi yang menyebutkan apakah Samsung juga akan tertarik untuk mengembangkan pemrosesan prosesor dengan teknologi 6nm dan 4nm, sebagai bagian dari road-map Samsung di masa depan. Karena dengan fokus Samsung pada 7nm untuk saat ini, sangat  terlihat bagaimana Samsung berusaha keras untuk  bersaing dengan kompetitornya seperti Qualcomm, MediaTek dan TSMC.  

Samsung telah mengkonfirmasi tentang rincian lebih lanjut mengenai proses tersebut  yang akan diumumkan di Samsung Foundry Forum Japan pada hari Jumat,15 September 2017. (Nariswari/Galing


Sumber: AndroidHeadlines