pulsa-logo

Gandeng Universitas Stanford, Apple Boyong Fitur Pendeteksi Denyut Jantung Abnormal di Apple Watch


Galing

Selasa, 12 September 2017 • 13:53

Apple Watch


Apple berencana untuk menjalin kerja sama dengan Stanford University dan vendor perangkat telemedicine bernama American Well untuk menggarap sebuah fitur untuk mengetahui apakah sensor denyut jantung di Apple Watch bisa digunakan untuk mendeteksi irama jantung abnormal dan kondisi jantung sehat atau tidak.

Foto: MacrumorsFoto: Macrumors

Apple Watch dengan fitur ini, bila nantinya memang dapat mendeteksi irama jantung secara akurat, atau pola jantung abnormal, serta dapat mengidentifikasi pasien yang berisiko tinggi mengalami kelainan jantung, atrial fibrillation atau kondisi serupa. Aritmia jantung memang tidak selalu merupakan gejala penyakit serius, namun pemilik Apple Watch bisa mengetahui tentang masalah yang menyangkut jantung hanya melalui Apple Watch dan kemudian memeriksakannya lebih lanjut dengan mengunjungi dokter.

Perlu Anda ketahui ketahui, Atrial fibrillation adalah kelainan ritme(denyut jantung) yang umum dan upaya untuk mendeteksinya secara dini pada seseorang, akan sangat berguna secara medis apalagi jika orang-orang tersebut kemungkinan memerlukan perawatan khusus.

Menurut  Bob Wachter, ketua jurusan Kedokteran di University of California, mengungkapkan sebuah studi yang dilakukan oleh team peneliti di University of California di San Francisco terkait dengan  aplikasi Cardiogram yang menetapkan bahwa Apple Watch mampu mendeteksi irama jantung abnormal dengan tingkat akurasi 97%. Kenapa bisa seakurat itu? Bob mengatakan bahwa Apple bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan akurat  karena memiliki akses langsung ke data mentah.

Dan akhirnya pada hari ini, CEO Apple, Tim Cook mengkonfirmasi ke media terkait dengan pentingnya  pemantauan kesehatan. Tim Cook mengatakan bahwa Apple memiliki fokus dan ketertarikan pada bidang kesehatan, dan ini merupakan peluang bisnis strategis bagi Apple. Menurut Tim Cook, fokusnya adalah membuat produk yang bisa membantu pengguna dalam mendeteksi kesehatan mereka dengan mudah, dan membantu pengguna untuk terhubung melalui asuransi dan layanan kesehatan Medicare, atau melalui Medicaid.

Pengembangan fitur yang akan dijalankan oleh Apple bersama American Well dan Stanford University tersebut menurut sumber dari CNBC rencananya akan dimulai akhir tahun ini. (Nariswari/Galing

Sumber: macrumors

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44