pulsa-logo

Inilah Daftar Fitur Inovatif Perangkat Android dengan Prosesor Qualcomm


Galing

Selasa, 12 September 2017 • 16:37

Daftar Fitur Prosesor Qualcomm, Daftar Fitur Perangkat Android


Qualcomm sempat mengalami masalah pelanggaran hak paten dengan Apple. Namun, perusahaan ini telah banyak menyumbang berbagai teknologi yang digunakan konsumen pada smartphone Android. Pabrikan chip asal A.S. tersebut telah merilis sebuah pernyataan pers untuk menyoroti beberapa inovasi yang telah dibawa pertama kali pada sistem operasi Android.

Menurut Phone Arena, daftar yang sebelumnya dirilis berisi beberapa kesalahan karena telah menyertakan HTC One M8 dan HTC One M7 sebagai smartphone yang memiliki teknologi dual camera. Namun, daftar tersebut telah direvisi untuk menghapus HTC One M7 dari teknologi dual camera. Kini disebutkan tiga smartphone seperti HTC One M8, Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 sebagai teknologi dual camera. Namun tetap saja daftar tersebut terbilang aneh karena Galaxy S8 bukanlah perangkat dengan dual kamera.

Meski demikian melalui program lisensi yang dibuatnya, perusahaan ini bertujuan membuat teknologinya baru dapat langsung tersedia untuk seluruh pembuat smartphone baik mulai dari perusahaan startup hingga ke perusahaan global dengan nama populer seperti Samsung, LG, HTC, Motorola dan sebagainya. Program lisensi yang dibuat juga terbukti dapat bekerja dengan baik pada smartphone besutan OPPO dan Vivo di China. Kedua perusahaan asal China ini sekarang bahkan telah menjadi perusahaan pembuat smartphone lima besar dunia.

Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Salah satu inovasi terbaru dari Qualcomm adalah membuat konektivitas Gigabit LTE pada smartphone Android. Dibanding ponsel Android yang pertama kali ada di pasaran, Gigabit LTE memungkinkan ponsel Android bisa mengunduh konten hingga 135 kali lebih cepat melalui jaringan mobile. Qualcomm menegaskan bahwa Galaxy S8 adalah perangkat pertama dengan konektivitas Gigabit LTE di dunia. Galaxy S8 juga mendapatkan penghargaan untuk perangkat Android pertama dengan otentikasi iris dan pengenalan wajah, pemutaran video Ultra HD, Bluetooth 5.0, audio nirkabel HD melalui Bluetooth aptX HD, konten HDR Amazon dan Mobile Premium HDR.

Fitur pengisian cepat Qualcomm yang juga dikenal sebagai Quick Charge juga dapat ditemui pada semua perangkat yang telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon. HTC One M8, LG V30 dan Xiaomi Mi 5 adalah deretan perangkat Android pertama yang mendapatkan fitur tersebut. Sementara Lenovo Phab Pro 2 jadi ponsel augmented reality pertama di dunia.

Perusahaan yang berpangkalan di negeri paman Sam tersebut juga turut mendaulat Sony Xperia XZ Premium sebagai ponsel dengan display 4K pertama di dunia. Qualcomm juga telah merintis pembuatan Xperia Z4 yang merupakan smartphone perdana dengan layar sentuh tahan air. Adapun Xiaomi Mi MIX dinobatkan sebagai ponsel bezel-less pertama di dunia. Qualcomm juga telah menguji pemindai sidik jari di bawah layar dan penginderaan mendalam melalui cahaya terstruktur pada sebuah handset desain referensi milik perusahaan. (Tary/Galing)

Sumber: GizmoChina