pulsa-logo

Trio Asus Zenfone 4 Siap Mendarat di Indonesia?


Galing

Rabu, 13 September 2017 • 14:26

ASUS Zenfone 4 Selfie, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro, Asus Zenfone 4 Selfie Lite, Asus Zenfone 4 Max, Asus Zenfone 4 di Indonesia


Foto: GizmoChina, GSMArenaFoto: GizmoChina, GSMArena

Sekitar sepekan lalu, ASUS telah meresmikan ponsel pintar generasi keempat mereka berjuluk Zenfone 4 Max Pro. Sementara pada rentang waktu yang sama pabrikan pembuat smartphone asal Taiwan tersebut diketahui telah mengantongi pula sertifikat TKDN untuk varian lainnya bernama Zenfone 4 Selfie. Hari Selasa kemarin (12/09/2017), seperti PULSA kutip dari situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) milik Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, ASUS tampaknya mendapatkan lagi sertifikat pengesahan TKDN untuk tiga perangkat besutannya yang lain.

Foto: KemenperinFoto: Kemenperin

Dari Trio ASUS Zenfone 4 anyar yang memperoleh sertifikat tersebut perangkat pertama yang mendapatkannya adalah Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL yang dalam informasi yang diterbitkan pada situs tersebut memiliki nomor model ASUS_Z01MD. Sesuai dengan namanya perangkat ini nantinya akan hadir dengan fitur yang lebih baik dibanding Zenfone 4 Selfie. Diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625, jelas perangkat ini lebih unggul dibanding Zenfone 4 Selfie yang hanya mengusung chipset Snapdragon 430. Sementara untuk penopang kinerjanya telah disiapkan pula RAM sebesar 4GB dan ruang internal seluas 64GB.

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (Foto: GizmoChina)ASUS Zenfone 4 Selfie Pro (Foto: GizmoChina)

Senjata Selfie perangkat ini ditunjang oleh adanya kamera ganda yang terdiri dari sensor Sony IMX362 berukuran 12 megapiksel serta sensor berkekuatan 5 megapiksel dengan fitur selfie wide-angle. Sensor berukuran 12MP yang disematkan juga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar dengan resolusi 24MP berkat fitur DuoPixel Mode yang dijejalkannya. Tentu saja jika Anda ingin mengabadikan foto pada kondisi kurang cahaya, pengguna disarankan untuk memilih mode yang pertama dengan resolusi 12 megapiksel.

Meski menyandang nama Pro, kamera selfie wide-angle yang dimiliki ternyata lebih kecil resolusinya yakni pada kisaran angka 5 megapiksel dari nilai sebesar 8 megapiksel yang ada pada Zenfone 4 Selfie. Beranjak ke bagian belakang, ASUS menanamkan kamera yang juga tidak kalah canggih dengan sensor berukuran 16 megapiksel yang telah dilengkapi pula dengan fitur autofokus dan HDR. Sementara untuk urusan layar yang digunakan, sudah diadopsi pula panel AMOLED dengan resolusi hingga full HD. Ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan layar IPS LCD dengan resolusi HD yang ada di Zenfone 4 Selfie.

Foto: KemenperinFoto: Kemenperin


Smartphone kedua yang juga telah memenuhi syarat adalah ASUS Zenfone 4 Max ZC520KL yang datang dengan nomor model ASUS_X00HD. Bila menilik nama yang dipakai, maka sudah bisa ditebak bahwa ini merupakan versi downgrade dari Asus Zenfone 4 Max Pro yang telah lebih dulu menyambangi Indonesia dengan banderol resmi Rp. 2.999.000. Baterai dengan kapasitas daya 4100mAh kini dipilih untuk menggantikan baterai dengan kapasitas 5000mAh yang ada pada varian Pro.

ASUS Zenfone 4 Max (Foto: GizmoChina)ASUS Zenfone 4 Max (Foto: GizmoChina)

Selain baterai yang dipangkas, Zenfone 4 Max juga mengalami pengurangan di sisi fotografi dengan dibenamkannya kamera selfie 8 megapiksel. Resolusi yang digunakan turun hingga setengah dari varian Pro yang datang dengan resolusi setinggi 16MP. Demikian pula dengan bagian belakang hanya terdapat sensor 13 megapiksel yang ditandem bersama sensor wide-angle berukuran 5 megapiksel. Adapun seperti telah diketahui sebelumnya, Zenfone 4 Max Pro memiliki dua kamera dengan kombinasi sensor 16 dan 5 megapiksel. Perihal kinerjanya juga akan dipangkas dengan digunakannya prosesor Qualcomm Snapdragon 425 serta RAM berkapasitas 3GB dan ruang penyimpanan sebesar 32GB. Khusus untuk varian Pro yang hadir di Indonesia dipasarkan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang dipadukan bersama RAM 4GB dan ruang internal 64GB.

Foto: KemenperinFoto: Kemenperin

Terakhir adalah sebuah smartphone dengan nomor model ASUS_X00HDA yang hingga kini PULSA belum mendapatkan informasi lebih rinci terkait nama yang akan diusungnya. Ada banyak spekulasi yang beredar terkait perangkat ini. Namun bila berkaca pada peluncuran Asus Zenfone 4 di negeri jiran, maka besar kemungkinan perangkat yang dimaksud adalah Zenfone 4 Selfie Lite yang hanya akan membawa kamera selfie seukuran 16 megapiksel serta kamera belakang dengan resolusi serupa. Perihal kinerjanya kemungkinan akan sama dengan Zenfone 4 Selfie dengan Qualcomm Snpadragon 425, RAM 3GB dan memori internal 32GB. Seluruh perangkat ASUS Zenfone 4 akan menjalankan sistem operasi Android Nougat dengan antarmuka ZenUI 4.0. Sayangnya hingga kini belum diketahui kapan kira-kira ketiga perangkat ini akan mulai dapat dipesan serta berapa perkiraan harganya. (Galing)

Sumber: 1, 2, 3, 4, 5