pulsa-logo

Wah! Samsung Juga Bakal Raup Keuntungan dari iPhone X


Fauzi

Kamis, 14 September 2017 • 14:45

iphone x,OLED


Semakin baik kiprah iPhone X di pasar tidak hanya berimbas pada pundi-pundi Apple saja, Samsung juga bakal menuai keuntungan yang tidak sedikit. Seperti diketahui Apple baru saja merilis resmi iPhone X, smartphone pertamanya yang hadir mengusung layar OLED. Smartphone ini bahkan disebut sebagai perangkat yang mewakili ‘masa depan smartphone’.

Ketika memutuskan untuk menggunakan display OLED, Apple sejatinya tidak memiliki pilihan. Samsung merupakan satu-satunya perusahaan yang bisa memproduksi panel OLED berkualitas tinggi seperti yang dipersyaratkan oleh Apple. Samsung juga memimpin pasar OLED display dengan pangsa pasar mencapai 89%.

Berapa keuntungan yang bakal diraup Samsung dari iPhone X memang belum bisa diketahui untuk saat ini. Sebagai gambaran, berdasarkan laporan yang beredar baru-baru ini Samsung disebut mematok biaya antara 120 – 130 USD untuk setiap panel layar OLED. Dsisi lain, Apple diperkirakan bakal menjualan jutaan unit iPhone X. Tak ayal hal itu pun juga artinya bisnis display Samsung juga bakal meraup banyak keuntungan

“Sebuah laporan terbaru mengklaim bahwa Samsung mematok biaya antara 120 – 130 USD untuk setiap panel display OLED. (Samsung) sebenarnya berada pada posisi yang cukup kuat dalam menentukan harga untuk display,. Apple diperkirakan akan menjual jutaan unit iPhone X yang berarti bahwa bisnis display Samsung akan menghasilkan satu ton uang di dalam prosesnya,” tulis SamMobile dalam laporannya.

Selain itu, dengan tidak adanya pemasok OLED lain yang memenuhi persyaratan, Apple juga dinilai bakal tetap menggunakan panel dari Samsung selama beberapa tahun ke depan. Bahkan, Japan Display, yang merupakan pemasok lebih dari separuh LCD iPhone, disebut berkemungkinan belum dapat memproduksi secara massal display OLED sampai 2019.

Sumber: SamMobile