pulsa-logo

5 Smartphone Paling Berpengaruh di Dunia Dalam 1 Dasawarsa


dian iskandar

Kamis, 14 September 2017 • 15:05

smartphone terbaik,smartphone ikonik,smartphone paling berpengaruh,nexus,galaxy note,DROID


Menjadi sebuah produk yang revolusioner dan mengembangkan merek yang kerap diingat oleh konsumen, tentu  menjadi dambaan bagi setiap produsen smartphone di dunia. Perkembangan teknologi yang terus maju dan berkembang, menjadikan tiap vendor smartphone untuk terpacu merilis flagship terbaru andalan mereka dengan berbagai fitur dan spesifkasi paling gres.

Seperti misalnya Apple yang menjadi salah satu brand yang cukup revolusioner dalam sejarah perkembangan smartphone.  Setelah peluncuran iPhone generasi terbaru (iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus) pada 12 September lalu yang menandai ulang tahun ke-10 iPhone,  banyak kabar yang menyebutkan bahwa  iPhone X adalah produk iPhone yang sangat bersejarah dari perjalanan Apple yang sangat panjang. Berbagai fitur,  beberapa perubahan baru, desain baru dihadirkan di iPhone X. Maka wajar, jika banyak pihak menganggap iPhone X adalah salah satu produk penting Apple sebagai wujud keberanian Apple dalam mengembangkan inovasi-inovasi baru.

Namun dari sekian banyak merek dan model smartphone yang beredar di pasaran, tentu Anda penasaran smartphone apa saja yang paling berpengaruh dan revolusioner? Dan kehadirannya   di dunia ternyata berhasil “menetapkan standar” tertentu  untuk  smartphone yang beredar di dekade berikutnya. Dikutip dari Phonearena, berikut kami 5 smartphone paling berpengaruh dalam 10 tahun perkembangan smartphone di dunia!

1.  iPhone 4

iPhne 4iPhne 4

Sepuluh tahun yang lalu, sejak iPhone generasi pertama diperkenalkan ke publik,  mengantarkan era baru untuk lanskap smartphone. iPhone 4, iPhone terakhir yang pernah diperkenalkan oleh Steve Jobs ini dianggap sebagai masterpiece atau mahakarya Steve Jobs yang terkahir. Bukan hanya karena iPhone 4 itu dirancang dengan desain yang sangat apik dengan bingkai stainless steel dan permukaan layar berbahan kaca, tapi karena fakta bahwa pemikirannya dan ide di balik iPhone 4 lebih maju daripada pesaing-pesaingnya pada saat itu.


Kita ambil contoh konsep Retina Display yang diadopsi oleh iPhone 4, yang bukan hanya layar beresolusi tertinggi saja, namun juga merupakan salah satu piksel yang paling padat dan terbukti menghasilkan kualitas visual yang sangat tajam dan bright. Jelas, ini adalah bentuk inovasi baru yang unggul digarap oleh Apple, di mana pesaing-pesaingnya  menggarap ponsel kelas dengan berkutat pada resolusi  WVGA  800 x 480 piksel.

Selain itu, iPhone 4 menghadirkan fitur yang sangat keren di kala itu. Yakni fitur video call yakni yang dijuluki FaceTime. Fitur ini nampaknya melampaui  semua layanan video call  lainnya. Dan beberapa fitur tersebut  hanyalah beberapa alasan mengapa iPhone 4 menjadi ponsel yang paling berpengaruh  saat diluncurkan pada tahun 2010.

2.  Line-up Google Nexus

NexusNexus

Sejujurnya, sulit menentukan smartphone  yang mana di jajaran Google Nexus yang akan mengisi salah satu slot smartphone paling berpengaruh ini. Karena pada dasarnya,  masing-masing smartphone Nexus memiliki karakteristik yang berbeda dan sangat unik. Namun, secara keseluruhan, alasan mengapa smartphone line-up Google Nexus  adalah smartphone yang berpengaruh di perkembangan smartphone kekinian  adalah karena merupakan upaya terpadu Google untuk  pengembangan  ekosistem  sistem operasi Android-nya.

Sebagai  “otak” di balik pengalaman perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google, Nexus mengkonsolidasikan  berbagai hal yang mendukung pengalaman dan adopsi dari OS Android.  Dengan memberikan kontrol pada desain, pemasaran, dan hingga pengembangan perangkat keras yang mendukung OS Android yang diciptakan oleh Google. Google mempercayakan penggarapan smartphone Nexus  ke beberapa  produsen seperti HTC, dan Huawei.

Pada saat  itu, produsen menyesuaikan desain, fitur, bahan yang digunakan dan spesifikasi di smartphone dan  menyesuaikan  dengan kebutuhan dan keinginan konseumen. Line-up Google Nexus juga dinilai sebagai smartphone yang paling berpengaruh  dalam revolusi  antarmuka khas Android, dan jajaran Nexus membawa konsistensi  antarmuka Android  dengan pengalaman yang menyenangkan untuk pecinta smartphone ndroid.

Lebih dari sekadar perangkat lunak, perangkat kerasnya mencakup smartphone kelas atas dan mutakhir yang bersaing dengan ponsel utama lainnya pada saat itu. Google Nexus 5 adalah salah satu smartphone di line-up Nexus yang terbukti cukup memberikan pengaruh di perkembangan smartphone berbasis OS Android di masa kini.

3.  Samsung Galaxy Note Series

Tidak terasa, di tahun 2017 ini Samsung telah memperkenalkan Samsung Galaxy Note 8. Namun betapa line-up Samsung Galaxy Note hingga kini masih dianggap sebagai acuan dari smartphone berlayar besar. Samsung pertama kali merilis smartphone Galaxy Note pertama di tahun 2011 yang terbukti menjadi salah satu smartphone paling berpengaruh di dunia.

Sejak kelahiran Samsung Galaxy Note tersebut, makin banyak vendor smartphone yang melihat tren layar lapang di smartphone sebagai sebuah tren baru yang diadopsi sampai sekarang . Hingga saking hebatnya pengaruh  Samsung Galaxy Note tersebut, kemudian dikaitkan dengan lahirnya istilah "phablet"  yang merupakan  perangkat hasil  persilangan antara ponsel dan tablet. Memang cukup unik dan menggelikan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa dengan revolusi ukuran layar yang lapang yang dikembangkan oleh Samsung Galaxy Note sukses menjadikan desain phablet sebagai tren hingga sekarang.

Oh iya, satu lagi tren keren yang  menjadikan Samsung Galaxy Note digolongkan sebagai smartphone paling berpengaruh di dunia. Yakni karena Samsung Galaxy Note  memperkenalkan stylus S-Pen sebagai aksesoris pendukung untuk smartphone yang berlayar lapang.  S Pen, yang secara mengesankan berhasil  menghadirkan  pengalaman ke pengguna Samsung Galaxy Note banyak cara untuk input teks dan handwriting selayaknya menulis di atas kertas dengan cara yang sangat unik. Dan nyatanya, revolusi stylus ini tetap menjadi tren hingga saat ini.

4.  Motorola DROID

Motorola DROIDMotorola DROID

Siapa pun Anda yang berkesempatan di tahun 2009 memiliki smartphone Motorola, pasti   Motorola DROID tidak diragukan lagi merupakan ponsel yang  berhasil mendefinisikan ulang desain OSAndroid dan mengarahkannya ke arah yang baru. Banyak pihak yang akansetuju bahwa Motorola DROID sangat layak untuk dimasuk dalam daftar smartphone paling berpengaruh di perkembangan smartphone dunia.

Sebagai permulaan, mari kita bahas tentang desainsmartphone QWERTY yang merupakan sesuatu yang jarang kita lihat saat ini. Tidak hanya menyediakan keyboard fisik bagi pengguna, namun desainnya merupakan perombakan dari usaha Motorola sebelumnya dengan MOTOBLUR. Tentu saja, denganlayar FWVGA  (resolusi 854 x 480piksel), yang dimiliki oleh Motorola DROID saat itu, kualitas layar belum memungkinkan untuk aktivitas input melalui layar.

Lebih penting lagi, lahirnya Motorola DROID adalah line-up paling bersejarah bagi  Motorola dan Verizon dengan kampanye "DROID" -nya. Dan smartphone tersebut berhasil  memberikan revolusi besar pada fitur-fitur keren yang kini dihadirkan di smartphone kekinian. Seperti msialnya aplikasinavigasi gratis  dengan Google Maps. Selain itu, Anda dapatmenyesuaikan tampilan layar utama(homescreen) sesuai keinginan  Anda.

5.  iPhone Generasi Pertama

iPhone generasi pertamaiPhone generasi pertama

Masuknya iPhone generasi pertama ke dalam daftar ini, seharusnya tidak terlalu mengejutkan, meskipun kita beberapa hari yang lalu sudah melihat peluncuran iPhone X yang membawa begitu banyak fitur revolusioner. Dalam sepuluh tahun terakhir, kita  telah melihat beberapa smartphone yang telah meningkatkan popularitasnyadengan mengedepankan fitur yang dimiliki oleh mereka masing-masing. Namun tidak satu pun dari vendor-vendor smartphone tersebut yang mampu melampaui  kekuatan dan karakteristik iPhone generasi  pertama yang diluncurkan pada tahun 2007. Salah satu alasannya adalah bahwa iPhone generasi pertama adalah dianggap sebagai smartphone cerdas yang berhasilmendefinisikan ulang seluruh segmen dalam satu perangkat.

Sulit membayangkan bahwa  di tahun  2007 kala itu, ada smartphone yang sanggup untuk membawa begitu banyak inovasi dalam satu handset. Itu mungkin karena kita di masa itu “dijejali” dengan  begitu banyak fitur remeh, ponselculun, dengan kinerja yang masihlamban, dan tidak begitu intuitif. Tapi iPhone generasi pertama berhasil mengubah semua itu! Mulai dari  desain cantiknya, hingga teknologi multi sentuh dengan tampilan kapasitifnya, dan bahkan respon layar yang sangat responsif  dengandidukung olehkinerjanyayang cepat dan stabil.  Di tahun 2007 itu, jelas bahwa iPhone bukan sekadar smartphone biasa, melainkan penjabaran dari kata“revolusi” itu sendiri!

Beberapa hal penting yang ditemukan di iPhone generasi pertama yang kini kita temukan di smartphone kekinian adalah salah satunya  dikaitkan dengan inovasi iPhone. Gerakan zoom pinch misalnya, itu adalah sesuatu yang keren yang dibawa olehiPhone, dan kemudian berkembang  ke smartphone kekinian. Kinetic scrolling juga inovasi yang diperkenalkan oleh iPhone. Lalu dengan konsep desain simple dankesederhanaanyang selama ini diusing oleh iPhone? iPhone sangat ikonik dengan menghadirkantombol Home dan platform iOS.Dan desain bulat tombol fisik Home ini nyatanya menjadi  tren yang diadaptasikan ke smartphone masa kini.  (*)

Sumber:  Phonearena