pulsa-logo

14 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Fitur FaceID


dian iskandar

Jum'at, 15 September 2017 • 09:14

14 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Fitur FaceID,iPhone 8,iPhone X


image courtesy: Macrumorsimage courtesy: Macrumors

Sejak Apple berekad bulat untuk mengembangkan sistem otentifikasi alternatif selain TouchID, muncullah inovasi revolusioner untuk menerapkan pemindaian wajah di iPhone generasi terbaru. Selain Apple seakan “didesak” untuk mengemas desain baru yang lebih segar, mengenyahkan tombol fisik Home, Apple ternyata belum berhasil untuk menanamkan sistem pemindaian sidik jari di bawah layar untuk dijadikan sistem otentifikasi macam TouchID. Akhirnya pilihan Apple jatuh ke  sistem Biometrik wajah yang dinamakan FaceID.

Di iPhone X(yang diperkenalkan oleh Apple di event ulang tahun ke-10 iPhone pada 12 September lalu), Face IDdiluncurkan sebagai bentuk  sistem pengenal wajah yang baru, menggantikan sensor sidik jari TouchID yang sudah kita kenal selama ini di perangkat Apple,sejak diperkenalkan di iPhone 5s.

Karena Face ID adalah sistem biometrik baru, ada banyak pertanyaandi benak pengguna perangkat Appletentang keakuratannya, keamanannyadan bagaimana FaceIDakan bekerja dalam berbagai kondisi.

Kesemuanya telah dijawab oleh Appledengan terperinci,baik dalam keynote di acara peluncuran iPhone X maupun di situsresminya.Berikut kami rangkum 14 hal yang wajib Anda ketahui tentang FAceID sebagai bentuk sistem otentifikasi terbaru iPhone!

1.     Cara Kerja Pemindaian Wajah FaceID

Sebagai  sistem otentifikasi baru yang diandalkan oleh Apple, Anda tentu bertanya-tanya bagaimana Face ID dapat memindai wajah Anda, dan bagaimana sistem cara kerjanya.

Mula-mula, FaceID diaktifkan melalui kamera TrueDepth menghadap ke depan dengan menggunakan kamera depan pada iPhone X, yangdi mana kamera depan di iPhone X telah ditanam perangkat lunak khusus dan komponen untuk FaceID.


Kemudian Proyektor Dot memproyeksikan lebih dari 30.000 titik mikro dan sangat detail yang nyaris tak terlihat diwajah Anda untuk memetakan strukturwajah Anda secara akurat.

Peta titik ini kemudian dibaca oleh kamera inframerah dan struktur wajah Anda diteruskan ke chip A11 Bionic di iPhone X dan diubah menjadi model matematis. Chip A11 kemudian membandingkan struktur wajah Anda dengan pemindaian wajah yang tersimpan di iPhone X selama proses penyiapandatanya.

Seperti halnya dengan Touch ID, jika ada kecocokan antara dua face scan, iPhone X akan langsung terbuka. Dari sana, Anda dapat langsung menggesekkan  ke atas untuk membuka layar utama.Dan bisa mengoperasikan smartphone tersebut. 

2.     Face ID Tetap Berfungsi Dalam Kegelapan

Banyak yang meragukan  bahwa sistem pengenalan wajah ini apa bisa berfungsi di saat pengguna berada di ruangan gelap atau kondisi minim cahaya. Jangan khawatir, Apple mengatakan bahwa FaceID tetap berfungsi dengan baik dan sangat akurat. Ini dikarenakan FaceIDmenggunakan inframerah untuk memindai wajah Anda, sehingga dapat bekerja dalam kondisi pencahayaan rendah dan bahkan tetap bekerja secara optimal dalam kegelapan.

Kamera TrueDepth juga memiliki semacam fitur yang disebut Apple sebagai "Flood Illuminator" alias cahaya inframerah yang menerangi wajah Anda dalam kegelapan sehingga peta titik, tiap detail, kerutan  dan lekukan di wajah Anda  dapat tertangkap oleh  kamera inframerah. Dan pemindaian wajah FaceID dapat berfungsi seperti biasanya.

3.Bisakah ‘Membodohi’Face ID?

Ini dia salah satu kekhawatiran paling besar dari tiap pengguna perangkat yang memiliki fitur otentifikasi wajah. Mereka memiliki kecemasan jika perangkat mereka jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab dan mereka bisa “membobol” smartphone tersebut hanya dengan trik dan tipuan sederhana. Misalnya dengan membuka otentifikasi wajah menggunakan foto atau gambar wajah si pengguna. Ngeri kan?

Tapi, Apple meyakinkan tiap pengguna iPhone generasi terbaru yang memiliki sistem otantifikasi FaceID untuk tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Pertama-tama, Anda perlu menyadari bahwa  Face ID tidak akan pernah bisa tertipu olehgambar atau  foto. Ini dikarenakan FaceID membutuhkan  pemindaian wajah 3D untuk membuka kunci perangkat. Ya, pemindaian 3D! Bukan hanya sekedar gambar atau foto.

4.Bisakah FaceID Mengidentifikasi Orang Yang Sudah Meninggal?

Apple jelas sudah membuat berbagai cara agar FaceID sangat aman, akurat dan bisa dijadikan sistem otentifikasi  dengan fitur berkeamanan ekstra.

Perlu Anda ketahui, FaceIDhanya akan membuka kunci perangkat Anda saat Anda melihat ke arah iPhone X dengan mata terbuka(mata melek) yang berarti FaceID  hanya berfungsi bila si pengguna tepat beradadi depannya. Dalam keadaan sadar, masih hidup, dan jelas bukan foto. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah meninggal dan matanya tertutup rapat?

Tingkat perhatian, kondisi mata yang terbuka dan kondisi pengguna yang sadar(tidak dalam keadaan mabuk alkohol misalnya)adalah pilihanyang ditawarkan oleh Apple. Meskipun opsi inidapat dimatikan jika Anda memilihuntuk meningkatkan segi keamanan perangkat Anda. Kebanyakan orang ingin mengalihkan perhatian, tapi bagi pengguna yang tidak dapat memusatkan perhatian mereka pada iPhone, dapat mematikannya akan memungkinkan iPhone X untuk tetap bisa terbuka hanya dengan memindai wajahdengan mudah.

5.Apakah FaceID Bisa Berfungsi Saat Kita Pakai Topeng  Wajah si Pengguna?

FaceIDjuga cukup peka untuk membedakan antara Anda dan seseorang yang mengenakan topeng wajah Anda. Apple memasang FaceID  dengan topeng hiperistik yang dibuat oleh sebuah studio topeng karakter film di Hollywood, dan memastikanbahwa  topeng dengan wajah seseorang  itu tidak dapat menipu sistem FaceID.

Menurut Apple, FaceID jauhlebih aman daripada TouchID karena ada kemungkinan lebih kecil dan meminimalisir tingkat ketidakcocokan. Ada 1 dari 50.000 kemungkinan seseorang dapat membuka kunci iPhone Anda dengan sidik jari. Namunsekitar  1 dari 1.000.000 kemungkinan wajah orang lain akan mengelabuiFaceID. Namun angka ini belum diperhitungkan jika  si pengguna memiliki kembar identik yang  wajahnya sangat mirip.

Touch ID mengunci perangkat setelah lima kali gagal, namun dengan FaceID, Apple hanya mengizinkan dua usaha yang gagal. Setelah dua kali pemindaian salahatau gagal, iPhone X akan secara otomatis mengunci perangkat dan meminta kode akses Anda dibuka kembali.

6.FaceID Tetap Bisa Memindai Pengguna Bertopi, Jenggot, Makeup, dan Kacamata

Lalu bagaimana jika Anda berjenggot, berkacamata dan sering menggunakan topi untuk menutupi  bentuk kepala Anda yang tidak sempurna? Apakah FaceID tetap bisa melakukan pemidaian dengan sempurna? Jawabannya adalah YA!

Apple mengatakan bahwa FaceID  tetap bekerja secara cerdas dan akurat  untuk memindai wajah pengguna yang memakai  topi,wajah yang berjenggot, berkumis, menggunakan kacamata, syal, dan aksesoris lainnya yang hampir mengaburkan bentuk wajahdasar/aslinya.

Menurut Apple,  hal ini dimungkinkan karena penggunaan chip A11 Bionic di iPhone X yang menggunakan mesin pembelajaran  yang sangat cerdas  untuk mengenali perubahan penampilan Anda.Meski dengan berbagai tambahan aksesoris tersebut.

Dan yang lebih luar biasa adalah bahwa FaceID  berbeda dengansistem pengenal wajah lainnya, karena  tetap bisa memindai dan membaca  bagian wajahyang  tidak terlihat, dan mengenali bagian yang  tertutupi seperti dahi yang dibalut scarf, topi dan syal. Atau bagian lingkar dan kantung mata yang tertutupi oleh bingkai kacamata.

Dan Apple menyadari bahwa tiap manusia akan menua dan penampilan manusia akan terus berubah. Face ID juga menyesuaikan dengan perubahan penampilan Anda dari waktu ke waktu, sehingga akan terus mengenali Anda saat Anda menumbuhkan jenggot atau menumbuhkan rambut jadi lebih panjang.Atau dengan kondisi wajah agak tirus dan agak gemuk.

Namunsayangnya, Apple tidak menyebutkan kacamata hitam. Ada kemungkinan besar FaceIDtidak berfungsimaksimal  saat pengguna  mengenakan kacamata hitam. Hal ini dikarenakan bsia mengaburkan mata Anda, dan kontak mata diperlukan untuk membuka kunci perangkat.

Namun jika Anda tetap ingin lebih mudah masuk saat otentifikasi FaceID, Anda bisa memilih opsi  Attention Aware untukdinonaktifkansehingga FaceIDdapat bekerja dengan kacamata hitam dalam situasi itu.

image courtesy: Macrumorsimage courtesy: Macrumors

7.Bisakah FaceID Memindai Wajah Anda Saat Tidur?

Jika seseorang mencuri iPhoneAnda, lalu  diam-diammencoba membuka kunci iPhone X Anda dengan wajah saat Anda sedang tidur, jangan khawatir  karena upaya tersebut   tidak akan pernah berhasil.

Seperti disebutkan di atas, untuk membuka layar iPhone, dan membuka FaceID, Anda perlu melakukan kontak mata dan mata yang dengan kondisi terbuka di depan layariPhone Anda untuk memberi akses ke perangkat Anda.Wajar, jika dalam keadaan tidur tentunya FaceID tidak akan bisa dibuka.

8.Privasi Pengguna FaceID 

Ya, salah satu hal yang paling ditakutkan oleh tiap pengguna perangkat  pintar yang menggunakan sistem pemindaian wajah ataupun sidik jari adalah data privasi pengguna!

Pada iPhone dengan  sistem otentifikasi TouchID, data sidik jari Anda disimpan dengan sangat rapid an aman dalam Secure Enclave pada perangkat, dan hal yang sama berlaku untuk FaceID.

Petadari tiap detail, lekuk, kerutan, bintik dan mimikwajah Anda dienkripsi dan disimpan di Secure Enclave, dengan otentikasi sepenuhnya pada perangkat Anda. Apple menjamin  bahwa tidak pernah ada data FaceID  yang diunggah ke iCloud atau dikirim ke server Apple.

9.Bisakah FaceID Digunakan Untuk Beberapa Wajah?

Saat menggunakan TouchID, beberapa sidik jari dapat ditambahkan ke perangkat sehingga iPhone Anda bisa dibuka dan mengenali  lebih dari satu orang. Dan perangkat tersebut tentunya  dapat dibuka dan digunakan oleh beberapa orang. Tolong singkirkan jauh-jauh hal tersebut di FaceID!

Karena Apple mengatakan bahwa FaceID  hanya membuat peta wajah tunggal dan itulah satu-satunya wajah yang bisa membuka iPhone X. Untuk menambahkan wajah baru, pemetaan wajah yang lama dan tersimpan di iPhone X  harus dihapus.

10.FaceID Bisakah Mengenali Wajah Dari Angle Tertentu?

Namanya perempuan, kadang kala Anda tiap kali selalu mencari angle atau pose terbaik saat di depan kamera. Meski bukan untuk berswafoto, dan hanya untuk otentifikasi FaceID. Tapi pertanyaannya kemudian, bisakah FaceID tetap mengenali  wajah Anda dari pengambilan angle tertentu? Jawabannya: YA!

Anda tidak perlu menahan diri dan memaksakan kepala Anda  tepat di depan layar  iPhone X agar bisa melakukan pemindaian FaceID.FaceID secara cerdas dapat melakukan pemindaian wajah Anda meski kepala Anda sedikit miring, agak menoleh, atau tengadah ke atas.

Hal ini dibuktikan oleh Apple di saat  demo  iPhone Xatas panggung pada acara utamapeluncuran iPhone X (12/9) lalu, yangditunjukkan pada sudut pandang  kepala dan wajah yang nyaman saat melakukan pembayaran Apple Pay di terminal pembayaran.

11.FaceID dan Apple Pay

Perlahan namun pasti, Apple berupaya untuk mensosialisasikan FaceID  untukmenggantikan TouchID  saat melakukan otentikasi pembelian dan transaksi pembayaran menggunakan Apple Pay. Saat mengecek dengan Apple Pay, mata Anda cukup melirik  ke layar iPhone X. Dan FaceID akanlangsungmengotentikasi pembayaranApple Pay Anda. Setelah itu  Anda klik dua kali pada tombol samping perangkat untuk  mengkonfirmasi.

Tak hanya itu, kabarnya Apple juga akan menggunakan FaceID  untuk bekerja sebagai pengganti TouchIDuntuk mengkonfirmasikan pembayaran iTunes, mengakses aplikasi yang aman, dan banyak lagi. Semua aplikasi pihak ketiga yang menggunakan TouchID juga dapat menggunakan FaceID.

12.Fitur Khusus di FaceID

Dengan fiturkhusus yang dinamakan  "Attention Aware"di FaceID, iPhone X  bisa mengetahui kapan Anda sadar, tidur, hidup atau tidak. FaceID  akan menampilkan notifikasi dan pesan di layar yang tetap terkunci (Locked Screen) saat Anda mencoba membuka FaceID.

Saat mata Anda melek dan melihat iPhone X, layar akan menyala, dan secara otomatis akan menurunkan volume alarm iPhone X.Namun jika mata Anda setengah terpejam atau bahkan tertutup, FaceID tidak akan bekerja, dan muncul notifikasi bahwa pemindaian wajah yang Anda lakukan telah gagal.

13.Face ID Neural Engine

Kenali lebih dekat dengan “otak” keren nan cerdas di balik FaceID ini.  Perlu Anda ketahui, FaceID  didukung oleh mesin pembelajaran Neural Enginedual coreyang terpasang pada processor A11 Bionic.

Neural Enginedual core inibekerja secara real time dan bisa memproses lebih dari 600 miliar operasi per detiknya. Luar biasa bukan ?  Untuk melatih Neural Enginetersebut, Apple menggunakan lebih dari satu miliar gambar wajah dan menciptakan beberapa jaringan di mesin pembelajaran Neural Engine.

14.Adakah Bug di FaceID

Tiap inovasi baru memang kadang belum sempurna. Seperti hanya TouchID sewaktu dulu diperkenalkan di iPhone 5S, yang dinilailambat dan tidak sempurna saat diluncurkan pertama kali. Begitu pula dengan FaceID yangmungkin juga tidak sempurna.

Ada beberapa  review dan laporan hands-on dari pengguna iPhone X yang umumnya terkesan dengan fitur Face ID. Namun ada beberapa laporan dari mereka  tentang masalah di FaceID dengan fitur yang tidak berfungsi . Ada juga yang menyebutkan bahwa  fitur itu tidak berdungsi sampai layar dinyalakan dan dimatikan.

Apple terus secara kontinumemperbaiki FaceID  dalam pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi bug, dan iPhone generasi masa depan niscaya akan hadir dengan sistem pemindaian FaceID yang lebih maju dengan berbagai perbaikanfungsionalitas fiturdi dalamnya.

Apple mengatakanbahwa  FaceID adalah sistem otentifikasi masa depan,  dan memberikan cara modern bagaimana kita akan membuka kunci smartphone dan melakukan berbagai transaksi pembayaran mobile hanya denganmenunjukkan wajah ke layar smartphone di fitur FaceID. Jauh melampaui sistempembayaran konvensional  menggunakan alat pembayaran fisik seperti uang, cek, dan bahkan menggesek kartu kredit yang menjadi tampak “kuno”.  Luar biasa bukan?  (*)

Sumber:  Macrumors