pulsa-logo

Wow! Empat Pabrikan Smartphone ini akan Pakai Layar OLED LG


Galing

Jum'at, 15 September 2017 • 17:55


Setelah Samsung Display, perusahaan Korea Selatan lainnya yakni LG disebut sebagai produsen panel OLED terbesar kedua yang dikabarkan akan menandatangi kesepakatan dengan empat OEM asal negeri tirai bambu sebagai pemasok utama komponen layar OLED bagi perangkat-perangkat yang akan OEM tersebut buat di masa datang.

Menurut Business Korea, empat produsen smartphone terkemuka asal China yakni Huawei, OPPO, Vivo dan Xiaomi akan menggunakan panel OLED dari LG untuk smartphone premium mereka yang akan dirilis dalam waktu dekat. Laporan tersebut mengklaim bahwa sekitar 20 persen hingga 30 persen panel OLED buatan LG berukuran kecil dan menengah telah dipesan oleh perusahaan China tersebut.

Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Apple telah meluncurkan iPhone X sebagai smartphone pertamanya dengan panel OLED. Samsung Display dikatakan sebagai satu-satunya penyedia panel OLED untuk iPhone X. Panel LCD yang digunakan pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dipasok oleh LG Display. Setiap panel OLED dari Samsung Display konon dibanderol dengan harga sekitar  120 USD sampai 130 USD.

Apple dikabarkan akan menggunakan panel OLED pada perangkat iPhone 2018 yang kemungkinan akan jadi penerus dari iPhone X dan iPhone 8S. Tidak mengherankan bila Apple dilaporkan akan menjalin kemitraan dengan LG Display untuk memenuhi jumlah pasokan yang dibutuhkan.

LG juga ikut bermigrasi ke panel OLED dengan memperkenalkan LG V30 yang didaulat jadi smartphone pertama dengan layar FullVision OLED. Ponsel jagoan yang masuk jajaran seri V seperti V10 dan V20 dilengkapi dengan layar ticker sekunder. Perusahaan Korea Selatan tersebut telah menggunakan panel OLED FullVision pada LG V30 sebagai ganti bagi layar ticker sekunder yang ada pada seri pendahulunya.

Smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang akan segera hadir dalam waktu dekat diberitakan akan diproduksi oleh HTC dan LG. Pixel 2 XL yang memiliki layar dalam ukuran besar diperkirakan akan menampilkan panel OLED berukuran 5,99 inci besutan LG. Laporan terbaru menyebutkan bahwa pabrikan Korea Selatan tersebut boleh jadi akan menerapkan panel OLED full screen yang sama sebagaimana yang terlihat pada LG V30.

Samsung selama ini telah banyak sekali memproduksi panel AMOLED dalam beberapa tahun terakhir yang kemudian mereka pakai pada smartphone buatan mereka. Meski panel OLED LG Display belum digunakan pada banyak produk smartphone, namun panel jenis ini telah banyak dipakai pada beragam monitor HDTV yang beredar di pasaran.


Tampaknya smartphone yang akan datang dari perusahaan China akan beralih dari panel LCD ke OLED. Panel OLED memiliki dimensi yang lebih tebal serta sanggup menghasilkan warna dengan kualitas yang lebih cerah lengkap dengan warna hitam yang jauh lebih mendekati aslinya. Dibandingkan panel LCD, panel OLED dapat memberikan pengalaman Virtual Reality (VR) yang lebih baik. Panel OLED juga telah mendukung fitur Always-On Display yang dapat menyajikan notifikasi dan fitur saat layar sedang dalam posisi terkunci sehingga dapat menghemat konsumsi daya. (Tary/Galing)

Sumber: GizmoChina