pulsa-logo

Ejek FaceID Apple, Huawei Siap Hadirkan Ponsel AI Sejati


dian iskandar

Selasa, 19 September 2017 • 10:02

Huawei,Huawei p10,iPhone X,FaceID


Setelah sukses  merilis flagship Huawei P10 dan P10 Plus, Huawei sedang mempersiapkan peluncuran smartphone high-profile lainnya yang dijadwalkan akan digelar pada  16 Oktober mendatang, yang akan dinamakan Huawei  Mate 10.

Selain dibekali dengan spesifikasi mumpuni, di Huawei Mate 10 juga dibekali banyak fitur  yang baru. Seperti misalnya  penggunaan chipset Kirin 970 terbaru yang dirilis oleh Huawei dan dukungan  teknologi AI di dalamnya.

Namun ada hal yang menarik dari Huawei Mate 10. Kampanye pemasaran Huawei untuk perangkat ini sedikit aneh. Huawei telah menggunakan setiap kesempatan untuk  “mengejek “  lawan bisnis yang pesaingnya.

Misalnya ketika Samsung mengumumkan smartphone andalannya yakni Samsung Galaxy Note 8, Huawei Australia men-tweet sebuah gambar teaser Hauwei Mate 10 dengan hashtag  yang sedikit menyindir Samsung Galaxy yakni  #beyondthegalaxy, yang menunjukkan bahwa smartphone garapan Huawei  sendiri jauh lebih baik daripada flagship Samsung .

Nah, hal yang sama terjadi saat Apple memperkenalkan iPhone generasi terbarunya di acara ulang tahun iPhone ke-10. Dengan video Facebook terbarunya, pabrikan smartphone dan teknologi yang berbasis di Taiwan  tersebut  menertawakan fitur kebanggan Apple terbaru yakni FaceID yang gagal  didemokan di atas panggung pada acara pengumuman iPhone X. Huawei  menjanjikan untuk menghadirkan ponsel generasi terbarunya  sebagai   "AI sejati"  yang akan dinamakana HuaweiMate 10.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, pada acara puncak keynote  Apple, Craig Federighi naik ke atas panggung untuk memberikan beberapa demo iPhone X pertama ke jutaan pemirsa secara live streaming. Namun, saat memamerkan fitur FaceID , malangnya sistem otentikasi Face ID handset di iPhone X  tidak mengenali wajahnya, yang menyebabkan banyak orang berspekulasi dan mempertanyakan apakah fitur FaceID tidak akurat.


Apapun masalahnya, Huawei menargetkan "mesin pembelajaran " dan neural engine  di dalam chip A11 dari iPhone X. Neural engine  terdiri dari beberapa prosesor yang khusus didedikasikan untuk menangani algoritma pembelajaran mesin tertentu. Algoritma ini berada di balik berbagai fitur unik dari iPhone, seperti Face ID, dukungan untuk aplikasi AR yang canggih, dan animoji.

Chipset Kirin 970 di HuaweiMate 10 juga memiliki unit pengolahan neural engine sendiri. Huawei jelas mengklaim bahwa NPU-nya jauh memiliki kecerdasan dan kemampuan  lebih daripada yang bisa ditemukan di iPhone X.

Adapun  EMUI 5.0  di Android disebut-sebut menggunakan pembelajaran mesin untuk menganalisis perilaku pengguna dan membuat pengelolaan neural engine  yang lebih baik. Hal ini juga dapat  melacak perilaku aplikasi yang terpasang dan memutuskan layanan mana yang memerlukan lebih banyak sumber daya, seberapa sering pengguna menggunakan aplikasi dan sebagainya.

Kabarnya Huawei akan memperkenalkan Huawei Mate 10 pada tanggal 16 Oktober 2017. Namun sayangnya belum ada informasi lebih lanjut terkait dengan informasi harga dan ketersediaannya di pasaran. (*)

Sumber: Phonearena

 

Close