pulsa-logo

Tantang Sony, Samsung Dikabarkan Sedang Garap Kamera 1000fps


dian iskandar

Selasa, 19 September 2017 • 10:18

Samsung,Sony,the best camera,smartphone kamera terbaik,kamera sony


image source: GSMArenaimage source: GSMArena

Sony adalah  perusahaan  global pertama di dunia yang membangun kamera ponsel dengan memori on-chip – yang dinamakan kamera Motion Eye yang ditanam di smartphone andalannya yakni Sony  Xperia XZ Premium danSony Xperia  XZs (dan kemudian dihadirkan juga di Sony Xperia  XZ1). Dan rupaya salah satu competitor sengit Sony, yakni Samsung sedang mencari  cara untuk  mengalahkan dominasi Sony sebagai brand smartphone kamera canggih.

Perusahaan smartphone yang berbasis di  Korea Selatan  tersebut  saat ini  sedang membangun kamera serupa, dan berencana  untuk memperkenalkannya di bulan November 2017, dan siap untuk digunakan di ponsel Samsung  Galaxy S generasi berikutnya.

Lalu apa karakteristik dari teknologi kamera yang dibangun oleh Samsung?  Salah satunya adalah teknologi memori on-chip. Keuntungan dari memori on-chip adalah kamera bisa menyimpan banyak frame dengan sangat cepat - cukup untuk men-shoot sebanyak  1.000fps atau lebih untuk video slow motion. Namun pada kamera Sony, proses streaming ke RAM utama terlalu lambat, jadi Sony membangun tiga lapis chip - pixel, control logic  dan memori.

Desain Samsung ini kabarnya sedikit berbeda. Menggunakan chip dua lapisan yang chip DRAM termasuk di dalamnya.  Rupanya ini untuk menghindari pelanggaran hak paten tertentu. Sementara desain Samsung memang nampaknya  tidak  “sehebat “ Sony, namun  Samsung memiliki kelebihan - ia memiliki teknologi  sensor gambar dan chip memori yang tidak kalah bagus. Sony harus mengandalkan Micron untuk chip memori 1 gigabite.

Saat ini, Samsung menggunakan sensor buatan  Samsung dan Sony  untuk ditanam  di ponsel-nya. Sebagai contoh, ponsel  Samsung Galaxy S8 yang  hadir dengan sensor gambar yang diproduksi oleh  Samsung, sedangkan  Samsung Galaxy S8  model AS dibekali dengan  sensor  gambar  yang modulnya dipasok  dari Sony. Kemungkinan Samsung  Galaxy S9 akan  menggunakan semua sensor Samsung dan tidak lagi menggunakan sensor gambar Sony. (Nariswari)

Sumber: ETNews via  GSMArena