pulsa-logo

Pilih Luncurkan Moto G5s Plus, Bagaimana Nasib Moto X4?


Galing

Selasa, 19 September 2017 • 21:58

moto G5s Plus, Moto X4, Hello Moto, TKDn Ponsel Motorola, TKDn Smartphone Motorola


Foto: P3DN KemenperinFoto: P3DN Kemenperin

Pada hari Senin lalu (18/09/2017) PULSA sempat mengabarkan bahwa Motorola Indonesia boleh jadi akan meluncurkan X4 secara resmi di pasar domestik. Namun begitu informasi yang PULSA beritakan ini ternyata tidak terbukti karena pabrikan smartphone milik Lenovo ini ternyata meluncurkan perangkat lainnya bernama Moto G5s Plus. Bila menilik sertifikat TKDN yang ada di situs P3DN Kementerian Perindustrian, sebuah smartphone dengan nomor model Moto XT1805 telah mendapatkan pengesahan TKDN pada tanggal 19 Juli lalu dengan nilai hingga mencapai 34,94%. Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Setelah menelusuri informasi yang ada di situs GSMArena PULSA mendapatkan bukti bahwa selain dipakai sebagai nomor model perangkat Moto X4, XT1805 ternyata juga digunakan pula sebagai nomor model dari perangkat Moto G5s Plus. Ini artinya telah terjadi kesalahan dalam mengidentifikasi jenis perangkat yang tertera dalam sertifikat TKDN yang telah diterbitkan tersebut. Dengan kata lain jika Motorola ingin memasukkan Moto X4 secara resmi, maka sang vendor harus mengajukan lagi permohonan sertifikat TKDN yang baru.

Masih dalam halaman spesifikasi yang PULSA kutip dari GSMArena, perangkat Moto G5s Plus setidaknya memiliki lima varian perangkat berbeda yang akan dipasarkan pada wilayah yang berlainan. Adapun Moto XT1805 sendiri merupakan varian G5s Plus yang mengusung kombinasi RAM 3GB dan ruang penyimpanan internal 32GB.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Moto G5s Plus sendiri merupakan smartphone Android terbaru besutan Motorola yang membawa layar dengan bentang 5,5 inci full HD serta perlindungan kaca Corning Gorilla Glass 3. Mengakomodasi sistem operasi Android Nougat 7.1, perangkat ini juga dijanjikan akan mendapatkan update Android Oreo.

Kinerja sang perangkat ditanggung sepenuhnya oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang merupakan chipset octa core dengan clock speed 2.0GHz serta didampingi pula dengan pengolah grafis Adreno 506. Pengabadi gambarnya menggunakan dua buah kamera di bagian belakang yang terdiri dari sensor berkekuatan 13MP warna dan monokrom. Meski tidak mengizinkan pemotretan gambar dengan hanya menggunakan salah satu sensor, namun Anda bisa memanfaatkan kedua kameranya untuk mendapatkan foto dengan latar belakang buram atau yang lazim disebut sebagai efek bokeh.

Selain kualitas gambar yang mumpuni, perangkat ini juga dipersenjatai pula dengan kemampuan menangkap video dengan resolusi ultraHD atau 4K. Sementara untuk memenuhi kebutuhan selfie, sudah ada kamera depan berkekuatan 8MP yang telah dibantu dengan pencahayaan lampu kilat LED. Berbanderol resmi Rp. 2.999.000, G5s Plus menggunakan baterai berkapasitas 3000mAh sebagai sumber tenaga perangkat. (Galing)

Sumber: 1, 2