pulsa-logo

Angka Pre-Order iPhone 8 dan 8 Plus Tak Sebaik Pendahulunya


Fauzi

Jum'at, 22 September 2017 • 13:15

iPhone 8


Image Source: Apple.comImage Source: Apple.com

Seminggu pasca Apple merilis dan membuka gelombang pre-order  iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, tren dari antusiasme konsumen mulai terbentuk. Namun sayangnya antusiasme pasar ini dipredisksi kurang menggembirakan.

Seorang Analis pasar senior di Rosenblatt bernama Jun Zhang mengatakan dalam sebuah wawancara dengan kliennya yang kemudian dikutip ke beberapa media menyebutkan bahwa berdasarkan analisis dan hasil pengamatannya yang mendalam menunjukkan sebuah temuan mengejutkan tentang pre-order iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Zhang mengemukakan bahwa pesanan untuk seri iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengikuti pemesanan yang dibuka oleh Apple. Hal ini berlaku juga untuk iPhone 6 dan iPhone 7. Seperti banyak analis Wall Street lainnya, Zhang mengatakan bahwa pelanggan menunggu ketersediaan iPhone X sehingga mereka membuat keputusan untuk menunda pre-order iPhone 8/8 Plus.

Zhang mengatakan bahwa di China, pre-order untuk iPhone 8 di JD.com berjumlah 1,5 juta unit setelah tiga hari. Angka ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah pre-order  iPhone generasi sebelumnya, yakni iPhone 7 yang mencapai 3,5 juta pre-order yang diterima oleh peritel yang sama selama tiga hari.

Di China Mobile, sebanyak 1 juta unit iPhone 8 telah dipesan selama periode tiga hari. Angka tersebut jauh lebih rendah dari iPhone 7 yang mencapai angka pre-order sebanyak  2,5 juta model iPhone 7 yang dipesan selama periode waktu yang sama tahun lalu. Bahkan di tahun sebelumnya, pre order  iPhone 6 mencapai 3,5 juta unit hanya dalam tempo 3 hari. 

Adapun iPhone 8 dijual dengan harga 699 USD (Rp9,3 juta-an) untuk model 64GB, dan untuk model 849 USD (Rp11,3 juta-an) untuk varian 256GB. Sementara untuk iPhone 8 Plus dibanderol 100 USD lebih mahal dibandingkan dengan iPhone 8.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus akan diluncurkan Jumat ini, 22 September. Pre-order untuk iPhone X akan dimulai 27 Oktober dengan peluncuran yang dijadwalkan pada tanggal 3 November. Harga iPhone X model 64GB adalah 999 USD (Rp13,3 juta-an), sedangkan versi 256GB dibanderol dengan harga Rp15,3 juta-an.

Sumber: PhoneArena