pulsa-logo

Hands On Advan A8: Android Dual Kamera Penantang Xiaomi Mi A1


Galing

Sabtu, 23 September 2017 • 07:48


Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

Demam ponsel dual kamera sepertinya tidak hanya menjangkiti pembuat smartphone global, vendor ponsel lokal pun tak mau ketinggalan momen dengan menyiapkan perangkat serupa dengan harga yang jauh lebih bersaing. Sebagai merek ponsel nasional satu-satunya yang berhasil masuk tiga besar angka penjualan domestik, Advan secara diam-diam tengah menggarap perangkat kelas menengah berjuluk Advan A8.

Meski tanpa gembar-gembor seperti vendor global, Advan A8 ternyata sudah mulai bisa didapatkan di tanah air melalui jalur online. Berdasarkan pantauan PULSA, Advan A8 dipatok dengan harga jual mulai dari Rp. 2.450.000 hingga 2.999.000. Saat ini Advan A8 bahkan telah ada di meja redaksi PULSA. Bagi Anda yang penasaran dengan perangkat dual kamera ini, simak hands-on singkatnya berikut.

Desain

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

Penampakan Advan A8 sekilas menyerupai ponsel buatan Tiongkok lainnya. Warna dominan putih yang menyelimuti layar luasnya meneguhkan kesan elegan pada perangkat yang mengusung panel layar seluas 5,5 inci ini. Keindahan desain dari A8 juga ikut diperkuat dengan bezel samping perangkat yang terbilang tipis. Sementara tepat di bawah layarnya tertanam tombol fisik home putih elips yang berperan sebagai sensor sidik jari.

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing


Seperti ponsel Android modern lainnya perangkat ini mengusung layar lengkung 2.5D. Sayangnya tidak disebutkan apakah Advan A8 juga mendapatkan perlindungan kaca anti gores Gorilla Glass. Ponsel yang ada di meja redaksi hadir dalam pilihan warna emas yang seksi serta tidak meninggalkan sidik jari. Tombol daya dan volume terlihat menghiasi ruas kanan perangkat, sementara slot kartu tersemat di ruas kiri.

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

Bagian atas perangkat tampak bertengger port audio 3.5mm, sedangkan port USB Type-C terlihat berdampingan dengan celah speaker di sisi bawah.

Kamera

Seperti telah disinggung sedikit di atas, Advan A8 dibekali dengan dua buah kamera yang terdiri dari sensor 13 megapiksel normal dan 5 megapiksel yang berfungsi untuk mengukur jarak kedalaman bidang (depth of field).

Kedua lensa miliknya diklaim akan dapat memperhitungkan latar depan (foreground) dan latar belakang (background) dari objek guna menciptakan efek depth of field yang biasanya hanya dapat dihasilkan oleh kamera DSLR. Menariknya Anda bahkan dapat mengatur tingkat keburaman objek latar belakang pasca pemotretan.

Sementara itu pada bagian depan tertanam sensor 8 megapiksel yang dijejali pula dengan fitur Beauty Selfie yang dapat mengubah kulit lebih halus, lebih putih, pipi lebih tirus hingga mata lebih lebar. Sementara Van Cam memungkinkan Anda untuk menambahkan animasi wajah sebelum melakukan pemotretan selfie seperti layaknya fitur yang ada di snapchat. Ada lima pilihan animasi yang disediakan meliputi hamster, peralatan selam lucu, anak anjing, kucing dan cowboy.

OS dan Benchmark

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

Advan membenamkan sistem operasi Android Nougat 7.0 yang dipermanis dengan antarmuka IDOS 7.22 yang memperlihatkan tampilan layar utama tanpa adanya laci aplikasi. Pengguna tinggal menyapukan jari ke samping untuk melihat semua aplikasi yang terpasang. Jika Anda bosan dengan tampilan yang disuguhkan, maka Anda dapat memilih tema yang disediakan. Jumlahnya memang masih sangat sedikit, namun ini setidaknya tergolong lebih baik ketimbang perangkat Android polosan seperti Mi A1.

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

Jika Anda merasa tiga tombol navigasi di bawah layar terasa agak janggal posisinya, maka Anda dapat menukarnya melalui pengaturan kunci perangkat keras ponsel. Dengan demikian posisi tombol paling kanan dapat Anda ganti fungsinya menjadi tombol back dan tombol lainnya menjadi tombol task switcher.

Beragam aplikasi bawaan turut dijejalkan pula pada perangkat ini termasuk di antaranya adalah XLOCKER yang akan melindungi privasi perangkat dengan membuat folder aman yang hanya dapat dibuka dengan pemindaian wajah.

Beralih pada hardware, Advan A8 diotaki oleh prosesor Mediatek 6750T yang memiliki dukungan prosesor octa-core 1.5GHz plus grafis Mali-T860 MP2. Sisi penyimpanan terdiri dari RAM 4GB yang dipadankan dengan ruang internal seluas 32GB. Jika Anda penasaran dengan kinerjanya, berikut hasil pengukuran benchmark yang PULSA lakukan menggunakan Antutu dan GeekBench.

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

GeekBench Score (Compute)GeekBench Score (Compute)

GeekBench Score Multi and Single CoreGeekBench Score Multi and Single Core

Paket Penjualan

Dalam paket penjualannya, Advan menyertakan soft jelly case untuk melindungi bodi perangkat ini dari goresan. Selain itu, Anda akan menemui paket kartu perdana Simpati 4G TAU dengan penawaran spesial yang bisa diakses lewat nomor *363*13#. Seperti biasa, Anda juga akan menemui SIM ejector yang bisa Anda gunakan untuk membantu penggantian kartu SIM atau microSD.

Foto: Tabloid PULSA / GalingFoto: Tabloid PULSA / Galing

Masuk kategori terjangkau, Advan A8 juga dibekali dengan kabel USB Type-C. Sementara untuk memanjakan pecinta musik atau audiophile, Advan bahkan menyertakan in-ear monitors (IEM) berbentuk khas yang mengikuti cekungan daun telinga Anda. Ini artinya Anda harus berhati-hati saat mendengarkan musik menggunakan IEM bawaan karena bisa menyumbat lubang pendengaran Anda sepenuhnya.

Sebagai sumber tenaga Advan memakai baterai dengan kapasitas daya 3000mAh. Sedangkan fitur Advan Secure yang sebelumnya telah tertanam di smartphone pendahulunya juga dapat Anda temui di sini. Lalu mampukah Advan menandingi ketangguhan ponsel besutan para pemain global seperti Xiaomi Mi A1? Simak ulasan lengkapnya pada PULSA edisi 272 mendatang. (@galingkusumojat)