pulsa-logo

Indosat Buka Akses Data Pelanggan untuk Developer Lokal


Hairuddin

Senin, 25 September 2017 • 13:49

Indosat, IWIC, API, Data Pelanggan,


Setelah sepuluh tahun penyelenggaraan IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest), tercatat lebih dari 10.703 proposal ide dan aplikasi digital yang masuk ke program unggulan Indosat Ooredoo tersebut. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan sesuatu yang inovatif dan dapat dinikmati masyarakat.

Di tahun ini, Indosat Ooredoo kembali menggelar IWIC ke-11 yang mengusung tema “Digital National”. Dan kembali mengajak generasi muda Indonesia untuk berkompetisi daan menciptakan ide-ide serta aplikasi kreatif, yang juga mampu bersaing di kancah internasional (go global).

“Kompetisi IWIC ke-11 ini merupakan bentuk komitmen kami mewujudkan Indonesia Digital Nation, lewat kompetisi inovasi teknologi di bidang mobile”, ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli.

Alex juga menambahkan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, IWIC ke-11 ini menghadirkan sesuatu yang baru dari Indosat Ooredoo. Yakni,  dibukanya akses API Indosat bagi developer maupun publik untuk bisa digunakan membuat aplikasi yang inovatif.

“Kami berharap semakin banyak aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat, karena para developer dapat mengakses API Indosat Ooredoo”, imbuhnya.

API (application programming interface) sendiri merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Kedepannya, lewat API Indosat Ooredoo ini para developer bisa mengakses dan berinteraksi langsung dengan data pelanggan Indosat.

“Untuk tahap awal, baru 9 API Indosat Ooredoo yang diumumkan ke developer dan publik. Selanjutnya, akan dikembangkan secara bertahap sesuai kebutuhan’, tambah Alexander Rusli. 


Meski dibuka secara umum, namun Indosat Oooredoo menjamin keamanan dan kerahasiaan data pelanggannya. "Soal keamanan data pelanggan, kami akan tetap menjadikannya prioritas utama", tutup Alex.