pulsa-logo

Batalkan Project Alloy, Bagaimana Nasib Headset VR Intel?


Galing

Senin, 25 September 2017 • 15:33

Headset VR, Intel, Intel Batal Bikin Headset VR


Intel secara mengejutkan diam-diam memutuskan untuk membatalkan Project Alloy, yang merupakan proyek khusus yang digarap oleh Intel yang berfokus pada pengembangan headset virtual reality. Dan proyek ini sendiri diresmikan Intel lebih dari setahun yang lalu, dengan harapan besar untuk mengembangkan teknologi VR di bawah bendera Intel. Namun akhirnya, belum juga proyek ini menelurkan gebrakan di dunia VR, Intel mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Road to VR awal pekan ini bahwa mereka terpaksa membatalkan Proyek Alloy mereka tersebut.

Foto: AndroidHeadlinesFoto: AndroidHeadlines

Perusahaan semikonduktor yang berbasis di Santa Clara, California, tersebut  menyebut Proyek Alloy sebagai "bukti besar” dari sebuah konsepyang efisien untuk menggambarkan headset kelas atas dan bekerja secara mendiri. Dan Intel dengan membatalkan proryek tersebut dianggap sebagai langkah strategis. Intel menganggap bahwa kurangnya minat masyarakat umum sebagai alasan utama dibalik keputusan mereka tersebut.

Keputusan untuk membatalkan Project Alloy dibuat awal musim panas ini dan tidak akan mempengaruhi usaha Intel lainnya di segmen VR. Intel bersikeras bahwa mereka masih gigih mengejar investasi baik dalam teknologi perangkat keras VR dan AR, serta pengembangan perangkat lunak terkait.

Sejauh  ini belum ada rincian lebih lanjut mengenai pembatalan proyek tersebut yang saat ini menawarkan dan mengembangkan berbagai layanan dan solusi VR, serta turut andil dalam pengembangan  jajaran prosesor Intel i7 yang merupakan prosesor kontemporer yang  “VR-ready”.

Selain itu, Intel juga mengatakan bahwa pihaknya masih dalam proses untuk mengembangkan kerangka dukungan untuk aplikasi VR termasuk desain referensi baru dan SDK yang akan dibuatnya untuk pengembang aplikasi VR. Intel juga  mengatakan akan menerapkan banyak hal yang dipelajari dengan Project Alloy pada proyek VR dan AR masa depan.  Namun sayangnya Inteltidak memberikan rincian konkret mengenai perangkat keras apa yang sedang mereka kembangkan tersebut.

Project Alloy diresmikan pada bulan Agustus 2016 , dan sebagai proyek strategis untuk menggarap headset VR mandiri. Intel sebelumnya mengatakan bahwa perangkat tersebut akan diluncurkan pada tahun 2017 dan paling lambat pada bulan Januari 2018. Intel juga telah mencurahkan sumber daya yang tidak sedikit demi melakukan penelitian dan pengembangan VR dalam beberapa tahun terakhir.  Namun memang sejauh ini hasil dari proyek  tersebut  belum  terlihat. Bahkan alih-alih berhasil merilis headset VR sendiri, Intel malah berkerjasama dengan HTC (Vive)  dan Facebook (Oculus)dalam pengembangan VR mereka. Dan Intel mengharapkan untuk dapat bergabung dengan ekosistem pendukung perusahaan tersebut hingga  di masa depan. (Nariswari)