pulsa-logo

Hands-on: Lebih Intim dengan Samsung Galaxy Note 8


Fauzi

Senin, 25 September 2017 • 18:57

Samsung Galaxy Note 8


Lewat sebuah acara yang dihelat di New York, Amerika Serikat, pada Agustus lalu, Samsung resmi mengungkap kehadiran Galaxy Note 8. Kini, smartphone berlayar luas ini sudah pula resmi diluncurkan di Tanah Air. Menariknya lagi, PULSA kembali mendapat kesempatan untuk mencicipi smartphone ini pada ajang peluncurannya yang digelar hari ini (25/09) di Jakarta Theater.

Yuk, langsung kita simak hasil icip-icip PULSA dengan sang jagoan baru Samsung yang dibanderol hampir setara harga sebuah sepeda motor ini.

Desain

Bicara desainnya, Galaxy Note 8 sejatinya sangat mirip dengan Galaxy S8, namun dengan postur yang tentu saja lebih besar. Hal ini lantaran layar yang dikenakan Galaxy Note 8 lebih besar dibanding pendahulunya tersebut. Galaxy Note 8 mengadopsi layar edge-to-edge dengan diagonal 6.3 inci yang dijuluki sebagai Infinity Display seperti Galaxy S8.

Galaxy Note 8 disajikan dengan dimensi 162.5 x 74.8 x 8.6 mm serta memiliki berat 195 gram. Meski menyuguhkan layar tergolong sangat luas untuk ukuran smartphone, namun lantaran rasio layarnya yang 18.5 : 9 membuat Galaxy Note 8 masih terasa cukup kompak dan cukup nyaman untuk digenggam. Secara keseluruhan, layar yang mendominasi area depan smartphone memiliki rasio screen-to-body lebih dari 83 persen. 



Tidak saja penampakannya saja yang mirip dengan Galaxy S8, soal tata letak komponen yang berada di luar, Galaxy Note 8 juga tidak berbeda dengan pendahulunya itu. Di ruas sisi bagian kanan, misalnya, kita temui adanya tombol power saja. Sementara di sisi sebaliknya, yakni ruas sebelah kiri terdapat adanya tombol volume beserta tombol Bixby di bagian bawahnya.

Ke ruas bagian atas, akan kita temui tempat di mana slot kartu SIM berada. Adapun di ruas sisi bagian bawah bertengger sejumlah komponen lain, seperti lubang audio 3.5 mm, port USB Type-C, dan lubang speaker rocker.

Sementara pada bagian panel belakang, di sini akan ditemui adanya sensor kamera utama yang berjumlah dua buah kemudian terlihat juga adanya lampu flash dan sensor sidik jari di bagian sisi kanannya.

Display

Sebagaimana disebut, Galaxy Note 8 mengadopsi layar Super AMOLED berdiagonal 6.3 inci dengan resolusi maksimal Quad HD+ (2960 x 1440 piksel). Secara default, layar Galaxy Note 8 memang tersaji dengan resousi Full HD. Untuk mendapatkan resolusi maksimal Quad HD+, kita bisa mengubahnya via menu Setting.

Seperti halnya Galaxy S8, layar pada Note 8 juga dijuluki dengan sebutan Infinity Display. Samsung menyebut Infinity Display di Galaxy Note 8 dihadirkan untuk memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam melakukan pekerjaan, mencari inspirasi dan menikmati konten hiburan dengan desain ramping yang membuatnya nyaman dalam genggaman satu tangan. Dengan Quad HD+ Super AMOLED Infinity Display sebesar 6.3 inci, pengguna dapat leluasa untuk melihat lebih banyak tanpa perlu banyak melakukan scrolling.

Dual-Camera

Tidak saja layarnya yang lebih besar, di sektor kamera Galaxy Note 8 juga sedikit lebih baik bila dibanding dengan Galaxy S8. Ya, hal itu berkat dual-camera yang akhirnya diadopsi Samsung di perangkat unggulannya lewat seri Note 8. Adapun Galaxy S8 seperti diketahui, meski tampil fitur kamera yang cukup mengesankan, namun smartphone ini belum mengadopsi fitur dual-camera yang sudah menjadi tren belakangan ini.

Secara detil, fitur dual-camera di Note 8 terdiri dari 12 MP aperture f/1.7 dengan lensa wide angle dan 12 MP aperture f/2.4 dengan lensa telephoto. Smartphone ini juga telah memiliki fitur Dual Optical Image Stabilitization yang menawarkan 10x digital zoom.

Berbekal fitur dual-camera, pengguna otomatis dimungkinkan untuk mengambil gambar dengan efek bokeh. Sementara dengan Dual Capture Mode, pengguna juga bisa menyimpan satu gambar dalam format bokeh dan wide-angle.

Selain kamera belakang, tentunya Galaxy Note 8 juga dibekali kamera depan dengan kekuatan 8 MP apreture f/1.9, autofocus dan support untuk perekaman video QHD.

Jeroan

Di sektor dapur pacu Galaxy Note 8 juga mengenakan prosesor yang sama seperti Galaxy S8 , yakni Exynos 8895 berkecepatan 2.15 GHz. Chipset tersebut dikembangkan dengan proses pabrikasi 10nm dan support Gigabit LTE Cat.16.

Selain itu, Galaxy Note 8 juga dibekali RAM 6GB. Adapun sebagai fasilitas penyimpan data, Galaxy Note 8 dibekali memori internal 64 GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 256 GB. Smartphone ini menjalankan Android 7.1.1 Nougat dan berkemungkinan juga akan mendapat update Android 8.0 Oreo.

Galaxy Note 8 didayai oleh baterai 3300 mAh. Beberapa fitur lain yang disematkan di smartphone ini di antaranya Samsung Pay, sensor sidik jari, Bixby, sensor detak jantung, iris scanner, USB Type-C, dan IP68.

Seperti seri Note sebelumnya, Galaxy Note 8 juga diserta dengan S Pen terbaru yang juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 water and dust resistant.