pulsa-logo

Menkominfo: Model Bisnis Digital Sebagai Solusi Penguatan Ekonomi dan Kesejahteraan Dunia


Galing

Selasa, 26 September 2017 • 10:45

ITU Telecom 2017, Menkominfo, Ekenomoi Digital, Startup Company, Startup, Tokopedia, GoJek


Hari Senin kemarin (25/9) Menteri Kominfo, Rudiantara menyampaikan pidato key-note pada opening ceremony di ajang ITU (International Telecommunication Union -red) Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan. Sebelumnya Sekjen ITU, Mr. Houlin Zhou meminta kepada Menteri Rudiantara secara khusus untuk menyampaikan Keynote pada acara pembukaan ITU Telecom tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rudiantara menyampaikan pentingnya digitalisasi dan model bisnis digital untuk menjadi solusi bagi perbaikan perekonomian dunia, di depan 8.000 tamu undangan, yang terdiri dari para pemimpin dunia, pemangku kepentingan, petinggi perusahaan, pelaku startup, hingga perwakilan negara ITU.

Sumber: Siaran PersSumber: Siaran Pers

Berdasarkan data dari World Economic Forum 2015, kesenjangan ekonomi di seluruh dunia semakin meluas. Hal ini disebabkan oleh kapitalisasi model bisnis tertentu yang menyebabkan distribusi ekonomi tidak merata. Perluasan kesenjangan ekonomi ini dapat menyebabkan permasalahan sosial-ekonomi di tengah masyarakat hingga menjadi ancaman dalam kestabilan politik dan beban terhadap pelayanan sosial, demonstrasi, radikalisme, hingga terorisme. Bukti menunjukkan bahwa dampak positif digitalisasi mampu menggerakkan output ekonomi dunia bertambah USD 193 billion melalui job creation sehingga digitalization menjadi penggerak (driver) pertumbuhan ekonomi.

Beliau kemudian menjelaskan bagaimana melakukan utilisasi digitalisasi agar benar-benar memberikan pengaruh dampak positif yang signifikan, yaitu :

1. Mengarahkan digitalisasi untuk penguatan dan pemberdayaan UMKM termasuk dengan skema bisnis shared economy.

2. Mengangkat UMKM di wilayah under-served juga dengan model bisnis yang disruptif, namun tentu dengan penyediaan konektifitas yang mumpuni.

Adapun untuk contoh kasus di Indonesia, keberhasilan model bisnis digital Indonesia dalam meningkatkan perekonomian bangsa dapat ditelusuri dari kisah sukses Tokopedia dan Go-Jek.


Perusahaan startup dinilai telah berhasil mengimplementasikan model bisnis disruptif yang mampu memberikan peluang bisnis dan lapangan pekerjaan. Tokopedia mampu menampung lebih dari dua juta merchant yang tersebar di lebih dari 5.600 kecamatan di seluruh Indonesia yang 80% diantaranya merupakan UMKM baru.

Sementara Go-Jek telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan sebagai driver Go-Jek & pendapatan bagi UMKM kebanyakan. Go-Jek juga telah mengubah gaya hidup masyarakat dengan sistem ridehailing, lebih jauh memungkinkan pemerataan pendapatan bagi masyarakat.

Menkominfo kemudian menutup pidatonya dengan menyampaikan pesan agar negara anggota ITU memulai gerakan global guna menangani kesenjangan kesejahteraan masyarakat termasuk kesenjangan pendapatan masyarakat di negara manapun ekonomi di seluruh dunia. Guna mencapai tujuan tersebut setidaknya ada dua solusi yang bisa ditempuh yakni:

 

1.       Melalui adaptasi model bisnis digital ekonomi secara cepat dengan memberi ruang shared economy, workforce digitalization (digitalisasi angkatan kerja), dan financial inclusion (inklusi keuangan).

2.       Menerapkan jalur cepat (fast-track) dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk wilayah under-served dengan USO funds (dana kewajiban pelayanan universal) yang juga diikuti dengan leapfrog jutaan UMKM di wilayah tersebut dengan model ekonomi dan komersial baru yg mengadopsi model bisnis digital yang bersifat disruptif. (Galing)