pulsa-logo

Mulai Debut, Begini Kemampuan MediaTek Helio P30


Fauzi

Selasa, 26 September 2017 • 15:40

MediaTek Helio P30


Bertepatan dengan peluncuran sebuah smartphone di Tiongkok, terungkap kabar menarik soal prosesor teranyar garapan Mediatek, Helio P30.

Sejatinya, chipset Helio P30 telah diumumkan oleh MediaTek pada awal tahun ini, tapi baru belakangan ini kita akhirnya bisa melihat chipset keren tersebut di smartphone komersial yang diproduksi massal.  Dan  ponsel yang dimaksud adalah Gionee M7 yang hadir dengan kamera belakang ganda, dan tahukah Anda ternyata salah satu keutamaan dari  penggunaan  prosesor  Mediatek  Helio P30 adalah  dukungan fitur dual camera performance dan dukungan untuk smartphone berfitur kamera premium.

Mediatek memasarkan Helio P30 sebagai SoC yang menawarkan fitur kamera tele dual premium untuk mengungguli smartphone dengan processor premium lainnya.

Dengan pemikiran ini, Mediatek telah merancang  Helio P30 untuk bekerja dengan kamera ganda  beresolusi  masing-masing  16 megapiksel dengan jangkauan fokus yang lebar (wide angle), lensa zoom dan menawarkan efek kedalaman gambar, kinerja zHDR dan kualitas tangkapan gambareal-time dengan meminimalisir noise saat menjepret pada  kondisi cahaya rendah (untuk digunakan pada kamera biasa dan video).

Sedangkan Optical Zoom dirancang di sekitar sistem yang menggunakan lensa dengan zoom hingga 10x, dan menggabungkan PDAF 2 × 1 dan Electronic Image Stabilization  (EIS) versi 3.0.

Nah, jika pabrikan smartphone memilih hanya menggunakan satu kamera saja (bukan dual camera), Mediatek Helio P30 dapat mendukung sensor kamera  hingga 25 megapiksel.

Di sisi performa, Mediatek Helio P30 adalah chipset  yang dibangun dengan arsitektur Cortex A53 yang memiliki clock speed hingga 2.5Ghz dan menjalankan teknologi CorePilot Mediatek sehingga chipsetnya  saat beralih dari core ke core  tetap bekerja secara  efisien dan stabil. Dibandingkan dengan chipset Helio  seri P generasi sebelumnya, Helio P30  menawarkan penghematan daya hingga  20% , sedangkan dukungan GPU Mali-G71 MP2 diklaim menghemat efesiensi daya sekitar 25%.


Sumber: GizChina