pulsa-logo

Apple Rilis Update MacOS 10.13 High Sierra, Apa Saja Fitur yang Dibenamkan?


Galing

Selasa, 26 September 2017 • 16:58

macs, MacOS, Mac OS 10.13, MacOS High Sierra, Apple


Apple akhirnya merilis versi stabil dari MacOS besutannya yang hadir dengan versi 10.13 berjuluk High Sierra kepada pengguna setianya. Saat ini versi terbarunya tersebut tersedia untuk diunduh secara gratis di Mac App Store dan berukuran sekitar 4.8GB.

Dengan jadwal update tahunannya, Apple telah mengurangi jumlah fitur utama yang ditambahkan setiap tahunnya. Sebaliknya saat ini perusahaan yang bermarkas di negeri paman Sam ini lebih berfokus untuk memperbaiki kualitas fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. Meski begitu masih ada beberapa fitur penting yang bisa dinikmati oleh pengguna Mac.

Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Salah satu penambahannya adalah dukungan untuk sistem file APFS. Ini adalah pengganti sistem file HFS Apple yang lawas, yang telah ada selama bertahun-tahun dan dikembangkan pada semua komputer dengan peranti penyimpanan berjenis hard drive. APFS telah dirancang terutama dengan penyimpanan flash dan memanfaatkan sepenuhnya penyimpanan flash cepat yang ditemukan di kebanyakan perangkat Mac baru yang telah maupun akan meluncur ke depannya. Sistem file ini dirancang sedemikian rupa supaya dapat bekerja lebih cepat, efisien, andal dan lebih aman dari sebelumnya. Sistem ini hanya tersedia di Mac dengan jenis peranti penyimpanan flash, sementara jenis penyimpanan drive Fusion atau HDD akan mendapatkan penambahan sistem file ini di kemudian hari.

Tambahan lainnya adalah dukungan codec HEVC. HEVC atau H.265 adalah penerus codec H.264 yang populer dan lebih efisien daripada pendahulunya karena menghasilkan ukuran file yang lebih kecil sehingga hanya mengambil 40% ruang, memungkinkan pengguna menyimpan lebih banyak file atau mendownload dan melakukan streaming lebih cepat. Bahkan video yang direkam dari iPhone yang menjalankan platform iOS 11 sekarang menggunakan codec ini untuk kompresi video. Model MacBook Pro dan iMac terbaru dengan prosesor Intel Kaby Lake mampu mengolah codec ini pada tingkat perangkat keras, sementara Mac yang rilis sebelumnya akan dapat membaca codec tersebut dengan memanfaatkan pengolahan di tingkat perangkat lunak.

High Sierra juga membawa dukungan untuk Metal 2, API grafis tingkat rendah buatan Apple. Seiring dengan peningkatan kinerja, Metal 2 juga memungkinkan dilakukannya pembelajaran mesin untuk hal-hal seperti pengenalan suara, pengolahan bahasa alami dan penglihatan komputer.

Peningkatan kemampuan pembelajaran mesin juga diupayakan oleh Apple dengan menambahkan Core ML yang merupakan sebuah kerangka kerja pembelajaran mesin yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan model pembelajaran mesin ke dalam aplikasi mereka menggunakan Mac.

Dukungan Virtual Reality juga ikut ditanamkan. Pengembang kini dapat menggunakan Mac mereka untuk membuat aplikasi yang memungkinkan fungsi virtual reality, termasuk game. Valve sekarang tengah mengoptimalkan fungsi platform SteamVR pada MacOS dan HTC Vive sekarang juga telah didukung oleh Mac. Final Cut Pro X nantinya juga akan diperbarui dengan menambahkan dukungan untuk video VR 360 derajat. Pengembang juga dapat secara resmi menggunakan kartu grafis eksternal melalui konektor Thunderbolt untuk kinerja grafis tambahan.


Perbaikan lainnya meliputi aplikasi Foto yang diperbarui dengan alat pengedit foto dan UI yang baru, browser Safari dengan fungsi penonaktifan fitur autoplay video dan pencekalan pelacakan cerdas untuk mencegah adanya pelacakan cookies lintas situs, peningkatan Siri dengan suara dan fungsi baru, aplikasi Notes dengan dukungan tabel serta Spotlight yang kini mendukung informasi status penerbangan. (Tary/Galing)

Sumber: GSMArena