pulsa-logo

Salip Apple, Laba Operasi Samsung Catat Angka Fantastis


Galing

Selasa, 26 September 2017 • 17:03

Laba Samsung, laba Apple


Penjualan Samsung Elektronik nampaknya berjalan dengan baik karena perusahaan tersebut baru saja  mengumumkan sejumlah perangkat pada konferensi IFA yang baru-baru ini diadakan di Berlin. Raksasa Korea ini tidak hanya sukses dengan rilis produknya akan tetapi keuntungan yang didapat juga mengesankan. Samsung Electronics diperkirakan akan mencapai keuntungan operasional sebesar 13,6 miliar USD atau 181 triliun rupiah pada kuartal keempat tahun 2017. Prestasi ini sebagian besar didukung oleh pisi pembuatan chipset perusahaan tersebut yang pendapatannya bahkan telah berhasil menyalip Apple sebagai perusahaan teknologi yang paling menguntungkan di tahun kedua kuartal 2017.

Foto: GizChinaFoto: GizChina

Dengan mempertimbangkan penilaian dan kontribusi dari 23 perusahaan Korea, FnGuide Inc., memperkirakan bahwa laba operasi Samsung Electronics dapat meningkat di atas 15,5 triliun atau 13,6 miliar USD yang benar-benar melampaui perkiraan KRW 1,47 triliun dari bulan lalu serta perkiraan KRW 13,7 triliun dari tiga bulan sebelumnya.

Perkiraan laba operasi ini disebabkan oleh permintaan chip semikonduktor high-end yang sangat besar, dan Samsung Electronics merupakan pusat produksinya. Pada kuartal kedua, perusahaan tersebut berhasil mengumpulkan KRW 14,7 triliun yang juga merupakan hasil bisnis semikonduktornya. Chip ini saat ini langka karena banyak perusahaan telah menandatangani kontrak pasokan jangka panjang.

Samsung memiliki investasi besar dalam manufaktur semikonduktor dengan pabrik jutaan dolar di Pyeongtaek, Texas dan lokasi lainnya baik di dalam maupun di luar negara asalnya Korea Selatan. Selain manufaktur chip,  Samsung juga menguasai perangkat IoT dan layar OLED. (Tary/Galing)

Sumber: GizChina