pulsa-logo

Susul Huawei, Samsung Ikut Garap Chip Prosesor AI?


Galing

Selasa, 26 September 2017 • 17:05

Samsung, Exynos, Artificial Inteligence, Kecerdasan buatan


Huawei Kirin 970 adalah chip pertama dengan NPU khusus untuk tugas-tugas terkait AI alias kecerdasan buatan. iPhone baru Apple didukung oleh A11 Bionic yang memiliki mesin saraf (neural engine) untuk menjalankan tugas-tuga pembelajaran mesin. Samsung sudah ketinggalan karena Exynos 8895 tidak memiliki fitur yang disebutkan di atas, sehingga wajar bila pada akhirnya perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan akan mulai mengerjakan chip prosesor baru yang akan mengusung teknologi serupa.

Foto: GizmoChinaFoto: GizmoChina

Menurut sumber dari mitra Samsung yang berbicara dengan Korea Herald, "(Samsung) tengah mengembangkan beberapa jenis chip yang akan mampu memproses data masif dari aplikasi AI pada perangkat, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk berkomunikasi dengan server cloud" .

Keuntungan memiliki unit pemrosesan khusus untuk pengolahan data adalah data yang digunakan oleh aplikasi AI tidak perlu disimpan di cloud. Data dapat disimpan secara lokal dan diakses lebih cepat, dengan peningkatan kinerja mencapai hingga 50%.

Samsung sendiri telah secara resmi menyebutkan bahwa chipnya akan memiliki Neural Processing Units. Berbicara di sebuah forum, presiden semikonduktornya, Kim Ki-nam mengatakan "unit pemrosesan pemrosesan grafis yang ada sekarang sulit untuk mencapai efisiensi dalam komputasi AI. NPU akan membantu mengatasi tantangan efisiensi. Namun, NPU sejauh ini memiliki kapasitas penyimpanan yang setara dengan seperseribu otak manusia. "

Ada perlombaan antara raksasa teknologi karena AI diprediksi bisa menciptakan peluang pemasaran baru kata firma intelijen pasar, TrendForce. Samsung telah menginvestasikan 300 juta USD di Graphcore,  untuk sebuah startup chip AI Inggris yang mengembangkan IPU (Intelligence Processing Unit) kecerdasan mesin untuk mengatasi area kekurangannya. (Tary/Galing)

Sumber: GizmoChina