pulsa-logo

Pasca Update iOS 11, Pengguna Malah Keluhkan Kinerja iPhone Miliknya


Fauzi

Selasa, 26 September 2017 • 17:28


Bukan hal yang  luar biasa bila muncul berbagai masalah atau keluhan pasca pengguna melakukan update sistem operasi. Mulai dari masalah baterai yang gampang nge-drop, masalah pada aplikasi, hingga munculnya bug minor. Hal ini tidak terkecuali terjadi pada update iOS 11.

Di forum pegguna Apple di Reddit, banyak pengguna yang meluapkan unek-uneknya karena kesal pasca melakukan installing update iOS 11. Banyak pengguna iPhone yang telah mengisntal  iOS 11 di perangkat mereka dan mengatakan bahwa kinerja aplikasi di iPhone mereka  jadi jauh melambat (lemot) bahkan sering nge-hang di saat membuka  aplikasi, dan beberapa masalah serupa lainnya.

Saking geramnya mereka, di Reddit mereka memiliki hashtag dan ejekan untuk iOS 11 yakni “An Absolute Chore” yang merupakan  sebuah sentimen yang digemakan  oleh lusinan komentar pedas yang mengarah ke iOS 11.

Simak saja salah satu cuitan pengguna perangkat iPhone yang mengistal iOS 11 yang menulis di Reddit seperti ini,

“Sejak saya upgrade sistem operasi iPhone saya jadi iOS 11, aktivitas launch aplikasi adalah tugas mutlak. Seperti  Safari, Reddit, ESPN, Yahoo, teks, dan lain-lain. Dan  yang mengerikan adalah semua membutuhkan waktu yang sangat lama  untuk membuka aplikasi. Saya juga mengalami kendala saat ingin kembali ke Home karena preangkat saya jadi freezing. Dan yang lebih menyebalkannya adalah  saya membutuhkan waktu ekstra untuk menutup aplikasi lebih dari satu menit, sama seperti  waktu untuk memuat. Sebelumnya, saya tidak pernah memiliki satu masalah pun dengan  iPhone 7 Plus. Dan di saat  saya melakukan update iOS 11 di iPhone saya tersebut, muncullah masalah yang menyebalkan tersebut.  Entahlah, apakah saya harus melakukan setting ulang  ponsel ini  atau downgrade ke versi iOS sebelumnya atau bagaimana….” tulis salah seorang pengguna iPhone 7 Plus yang mengalami masalah di iPhone-nya saat melakukan update iOS 11.

Pengguna mengeluh bahwaiPhone milik mereka ‘macet’ saat membuka aplikasi dan hard reset adalah satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut. Reddit, Snapchat, Twitter, Facebook, Messenger, Safari, dan lainnya adalah aplikasi yang terpengaruh dan terkena dampak dari masalah ini. Terkadang, aplikasi menolak untuk dibuka hanya mau memunculkan homescreen (layar utama saja). Lebih parah lagi,   kadang  aplikasi yang berhasil di-launch  dari Notifikasi sama sekali  tidak akan terbuka. 

Widget Now Playing di Control Center juga menjadi keluhan utama, dengan beberapa pengguna tidak dapat mengontrol lagu di Spotify dan Apple Music menggunakan widget tersebut, dan beberapa pengguna mengatakan bahwa masa pakai baterai mereka telah mendapat masalah yang sangat  serius sejak pemutakhiran iOS 11 tersebut.


Namun rupanya tidak semua pelanggan yang mengupgrade ke iOS 11 terkena  masalah ini. Namun berdasarkan ramainya  thread  di Reddit, nampaknya cukup banyak  jumlah pengguna iPhone yang terkena masalah dari  update iOS 11. 

Beberapa pengguna Reddit mengklaim bahwa dengan melakukan setting ulang iPhone  dengan tahapan  (Setelan -> Umum ---> Reset -> Reset All Settings)  untuk semnetara  memang bisa memperbaiki semua masalah aplikasi, namun bukan berarti  menyelesaikan masalah seacra umum jika memang ada bug tersembunyi di update iOS 11.

Beberapa model iPhone tampaknya terkena dampak dari update iOS 11 ini, mulai dari  iPhone 6, iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan beberapa model sebelumnya. IPhone 8 dan 8 Plus tampaknya tidak terpengaruh dengan update iOS 11 , dan ada sedikit keluhan yang sama  dari pengguna  model iPad Pro terbaru.

Sumber: MacRumors