pulsa-logo

Pendiri Kaspersky Garap Smartphone 'Super Aman'


Fauzi

Rabu, 27 September 2017 • 09:57

Kaspersky Lab


Salah satu pendiri Kaspersky Labs dari Rusia, Natalya Kaspersky, memiliki sebuah proyek baru yang ditujukan untuk memudahkan mereka yang ingin menghindari pengumpulan data yang dilakukan dari smartphone.

Sebenarnya, proyek itu adalah penggarapan smartphone yang masuk dalam merek "Taiga" dan dirancang bersama oleh InfoWatch Group - yang dipimpin oleh Kaspersky dan berbasis di Rusia.

Perangkat itu sendiri menggunakan kombinasi kontrol seperti perusahaan dan mekanisme khusus untuk mencegah aplikasi yang berjalan pada perangkat  tersebut mengirimkan data ke server luar.

Smartphone ini juga memberikan tingkat kontrol sangat tinggi bagi perusahaan atau pemerintah untuk mengendalikan aplikasi mana saja yang dapat dipasang di samartphone, aman  untuk mengaktifkan dan  memulai penggunaan aplikasi, hingga memberikan rasa aman bagi pengguna untuk mengendalikan informasi atau konten mana yang dapat dibagi dari perangkat.

Smartphone Taiga sendiri nampaknya merupakan respon dari Kaspersky Lab baru-baru ini dengan  menanggapi permintaan dari pemerintah AS terkait masalah keamanan. Perusahaan  penyedia perangkat lunak keamanan tersebut sempat “tersandung” dan  diblokir agar tidak digunakan oleh pegawai pemerintah dan agensi pemerintahan di AS, menyusul tuduhan adanya hubungan mata-mata pihak Kaspersky dengan pemerintah Rusia.

Menariknya  walaupun belum ada bukti untuk mendukung klaim tersebut, 50.000 unit smartphone Taiga  pertama akan digunakan oleh karyawan perusahaan yang berbasis di Rusia yang memiliki hubungan dengan pemerintah negara tersebut. Faktanya, InfoWatch sendiri didukung oleh Kremlin dan langkah tersebut menyusul sejalannya misi  dan kerja keras negara Rusia untuk mengurangi ketergantungannya pada perusahaan berbasis A.S. seperti Google.

Kenyataannya, proyek penggarapan ponsel Taiga  ini tampaknya menjadi bagian dari kecenderungan ketidakpercayaan  Rusia  yang  besar  ke beberapa negara  dan produsen smartphone luar negeri.


Sementara itu, dengan Rusia menyediakan perangkat yang paling kuat  dan paling aman di dunia, jelas bukan semata-mata  tujuan utama terciptanya  Taiga. Dan sejauh ini pihak Kaspersky belum benar-benar memberikan rincian lebih lanjut tentang handset berbasis OS Android tersebut. Termausk spesifikasi, fitur di dalamnya, dan berapa  harga banderol dari Taiga.

Ada  beberapa spekulasi  terkait dengan pasar mana saja  di luar Rusia yang akan ditargetkan oleh Kaspersky untuk memasarkan Taiga.  Saat ini Grup InfoWatch memiliki kantor  cabang di Malaysia dan Uni Emirat Arab.

Sumber: AndroidHeadlines