pulsa-logo

Akhirnya, Twitter Mungkinkan Pengguna Nge-Tweet Sampai 280 Karakter


Fauzi

Rabu, 27 September 2017 • 10:25

Twitter


Kabar gembira menghampiri segenap pengguna Twitter. Yup, untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan sebelas tahun lalu, Twitter akhirnya meningkatkan jumlah karakter postingnya (disebut tweets) dari 140 karakter menjadi 280 karakter. Perubahan jumlah karakter itu diujicobakan ke sekelompok kecil pengguna Twitter dan akan segera tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Dalam postingan di blog resminya, Twitter menjelaskan bagaimana sebagian besar pengguna Twitter  sering terkendala di saat  mengirimkan postingan dengan  batas 140 karakter. Hal ini sangat umum bagi pengguna berbahasa Inggris, yang pada akhirnya harus membagi  postingan mereka menjadi dua atau lebih tweet yang dirangkai  bersama. Terlihat sangat merepotkan.

Sebagai perbandingan, pengguna Twitter Asia di China, Jepang dan Korea tidak menghadapi masalah yang sama, karena sifat karakter dari aksara  mereka memungkinkan mereka untuk mengekspresikan lebih banyak karakter dengan huruf yang sedikit. Hal ini mengakibatkan sangat sedikit pengguna Asia Timur yang menggunakan semua 140 karakter.

Karena itu, Twitter telah memutuskan untuk tidak menggelar batas 280 karakter untuk pengguna China, Jepang dan Korea. Namun kecuali 3 negara tersebut, semua pengguna Twitter di seluruh dunia  akan segera mendapatkannya.

Batas 140 karakter adalah sisa dari masa lalu ketika situs tersebut memiliki fitur untuk mengirim tweet melalui SMS. Agar sesuai dengan tweet ke dalam batas 160 karakter dari satu SMS, beserta beberapa karakter tambahan, panjang tweet dibatasi hingga 140.

Namun, layanan SMS telah lama “mati suri” sehingga terlepas dari faktor pembeda 140 karakter  sebenarnya sudah tidak logis dan tidak relevan  bagi Twitter untuk tetap bertahan dengan fitur batas  140 karakter lagi.

Masih harus dilihat bagaimana pengguna memanfaatkan batas baru ini. Tentu saja, semua orang akan memanfaatkan batas 280 karakter baru ini  dengan cara yang berbeda, termasuk pemanfaatan spasi, kata-kata yang dipersingkat, dan sebagainya.


Sejauh ini belum diketahui tanggal pasti Twitter menggulirkan fitur batasan 280 karakter tersebut.

Sumber: GSMarena