pulsa-logo

Gawat! Suplai Komponen Sensor 3D Untuk iPhone X Terhambat


Galing

Rabu, 27 September 2017 • 19:48

iphone X


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Apple telah menjadwalkan ke publik untuk menghadirkan model iPhone X pada tanggal 3 November 2017, tentu berbagai persiapan dan produksi makin ditingkatkan. Bukan hal yang aneh jika kemudian muncul prediksi yang kurang mengenakkan terkait pasokan komponen iPhone X. Bukan tanpa alasan, karena iPhone edisi khusus Apple tersebut memang dibekali dengan beberapa fitur baru yang khas. Salah satunya adalah teknologi sensor 3D yang dimanfaatkan untuk otentifikasi wajah pengguna.

Namun sebuah kabar terbaru yang berasal dari sebuah media lokal di Jepang yakni Nikkei Asian Review menyebutkan bahwa Apple hampir dipastikan akan mengalami kendala serius dalam hal suplai komponen sensor 3D yang sangat vital untuk fitur FaceID di iPhone X.

Fitur baru, yang  untuk saat ini hanya ditemukan di iPhone X, menggunakan pemindaian wajah pengguna untuk dapat membuka kunci smartphone dan memverifikasi identitas pengguna. Menurut Nikkei Asian Review, pemasok sensor 3D yang digunakan di Face ID mengalami masalah dalam mencapai order yang diharapkan oleh Apple.

Dua orang eksekutif yang bekerja untuk perusahaan yang memasok komponen untuk iPhone tersebut mengatakan bahwa sejauh ini belum diketahui apakah mereka akan dapat memenuhi sejumlah besar pesanan yang diharapkan oleh Apple,  setelah peluncuran iPhone X tersebut.

Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Apple  telah menurunkan jumlah produksi iPhone X. Menurut pihak  produsen yang memasok komponen sensor 3D ke Apple,  dalam tiap harinya mereka  memperkirakan Apple bisa mendapatkan pasokan di kisaran puluhan ribu handset. iPhone X diproduksi secara eksklusif oleh Foxconn di pabriknya yang terletak  di Zhengzhou – Cina.

Analis Yuanta Investment Consulting bernama Jeffrey Pu mengatakan bahwa dengan catatan akuntingnya, Foxconn akan memproduksi hanya sekitar 2 juta unit iPhone X pada bulan September, sementara 10 juta unit lainnya diperkirakan akan diproduksi kemudian pada bulan Oktober 2017.  Pada akhir tahun, Apple hanya sanggup menyadiakan 40 juta model iPhone X untuk dijual ke pasar global. Angka ini turun dari perkiraan semula sebesar 45 juta unit. Jeffrey Pu menambahkan bahwa sensor 3D adalah satu-satunya masalah produksi yang tersisa di  proses  produksi  iPhone X.

Pre-order iPhone X dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 27 Oktober. Adapun  iPhone X model 64GB akan dijual dengan seharga USD$ 999 (setara dengan Rp. 13,3 jutaan), sedangkan versi 256GB dibanderol dengan harga USD$ 1,149 (setara dengan Rp. 15,3 jutaan). (Nariswari/Galing


Sumber: PhoneArena