pulsa-logo

Apakah Kristal Safir Apple Watch Series 3 Jauh Lebih Baik Dari Material Kaca iPhone 7?


Galing

Rabu, 27 September 2017 • 19:57

Apple Watch Series 3, iPhone 7


Apple Watch Series 3 yang diluncurkan beberapa hari yang lalu, dibekali dengan layar yang berbahan kaca yang diperkuat ion yang sama dengan yang digunakan iPhone. Sedangkan Apple Watch Series 3  versi yang lebih mahal dibekali dengan layar berbahan kristal safir. Layar ini memiliki kekuatan bahan yang jauh lebih keras dan lebih tahan gores dan awet. Tapi apakah semua safir itu sama? Dan apakah memang bahan safir itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kaca?

Foto: JerryRigEverythingFoto: JerryRigEverything

Reviewer yang sering mengunggah video tutorialnya ke YouTube yakni JerryRigEverything  kemarin (16/9) membuktikan hal tersebut dengan melakukan serangkaian pengujian menggunakan jam tangan Tissot yang dibanderol USD$ 300 (setara dengan Rp. 4 jutaan) dan smartwatch Tissot ini layarnya dibekali dengan bahan kristal safir. Dan dikomparasi dengan Apple Watch Series 3. Hasilnya?

Di video yang diunggah ke YouTube tersebut, diketahui bahwa Apple memang menggunakan bahan Kristal safir, meski bukan kualitas terbaik. Kristal safir tidak murni yang dipakai oleh Apple terbukti lebih rapuh daripada kristal safir yang digunakan pada jam tangan khas Swiss tersebut. Di pengujian  pertama, Apple Watch Series 3 dibandingkan dengan Tissot yang layarnya digores menggunakan obeng yang tingkat ketajamannya dibedakan dengan satuan skala Mohs. Di Apple Watch Series 3, goresan halus mulai terlihat di Mohs 6, namun di Tissot goresan halus mulai muncul di Mohs 8.

Tes yang sama dilakukan juga pada iPhone 7 ( yang di mana layarnya menggunakan bahan kaca yang diperkuat ion) dan pengujian tersebut menunjukkan adanya beberapa goresan di Mohs 6. Ini berarti  bahan kristal safir Apple tidak lebih tangguh daripada kaca tahan goresnya (sementara itu Tissot mulai tergores pada tingkat Mohs 8). Adapun skala Mohs jika semakin tinggi skalanya, maka Itu berarti bahwa bahan Kristal safir dengan Mohs 8 empat kali lebih keras dari Mohs 6.

Jika Anda ingin melihat video pengujian dari JerryRigEverything, Anda dapat melihat tayangan video tersebut  di bawah

(Nariswari/Galing


Sumber: GSMArena

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44