pulsa-logo

Waduh! iPhone X Diprediksi Telat Sampai ke Konsumen Hingga Maret 2018


dian iskandar

Jum'at, 29 September 2017 • 09:38

iPhone,iPhone X,Apple,iPhone 8,iPhone 8 Plus


iPhone XiPhone X

Jika Anda berpikir bahwa pada bulan November Anda akan dapat menggunakan  unit iPhone X yang Anda sudah pesan, Anda sepertinya keliru. Dari waktu ke waktu kita sudah mendengar tentang  kemungkinan penundaan produksi iPhone X yang sebagian besar disebabkan oleh karena kendala pasokan komponen.

Satu masalah serius yang dihadapi oleh Apple dalam memproduksi iPhone X melibatkan perusahaan yang memasok suku cadang untuk teknologi penginderaan 3D yang dibutuhkan untuk FaceID. Dan fitur FaceID ini  adalah fitur yang melakukan pemindaian wajah pemilik ponsel untuk membuka kunci handset dan untuk memverifikasi identitasnya untuk melakukan pembayaran secara mobile.

Jika Anda ingat, bahwa “trio iPhone” terbaru yakni  iPhone 8, Apple iPhone 8 Plus dan iPhone X semuanya diluncurkan pada  tanggal 12 September. Dua  model pertama diluncurkan pada 22 September. Karena produksi iPhone X berjalan sangat lambat bagai  siput, model tersebut dijadwalkan akandiluncurkan hingga 3 November.

Jadi jika Anda cukup beruntung untuk melakukan pre-order iPhone X saat pemesanan dimulai pada tanggal 27 Oktober, lalu kapan Anda benar-benar akan menerima perangkat ini?

Menurut mantan analis Apple bernama Gene Munster yang sekarang bekerja untuk Loup Ventures di Minneapolis, iPhone X tidak akan berada di toko fisik Apple Store paling awal  sampai Januari 2018.

Jan Dawson, seorang analis Jackdaw Research, mengatakan  bahwa  penundaan iPhone X hingga ke tangan konsumen bisa  lebih lama. Dawson bahkan  mengatakan bahwa  iPhone X tersedia di toko-toko fisik dikuartal pertama 2018, atau sekitar  Maret 2018  mendatang.

Selain terkendala dengan komponen yang dibutuhkan untuk pemindaian 3D, panel OLED yang menjadi salah satu komponen utama di iPhone X juga sulit didapat oleh Apple. Panel ini perlu dibuat dengan cara tertentu, dengan tingkat kerumitan yang tinggi, dan harus bisa benar-benar pas ditempatkan pada  bagian atas layar tempat sensor dan kamera diletakkan.


Penundaan iPhone X secara ironis akhirnya akan menguntungkan  penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Diprediksi, pada akhirnya banyak calon pembeli iPhone X  yang akan merasa “frustrasi”dengan lamanya masapenundaan dan akhirnya memutuskan untukmembeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.(*)

Sumber: Phonearena