pulsa-logo

LCD Full Active Buatan Japan Display akan Dipakai di iPhone?


Galing

Jum'at, 29 September 2017 • 13:35

iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, Japan Display


Dengan Apple meluncurkan iPhone pertama yang menampilkan panel OLED beberapa waktu yang lalu yakni iPhone X, kabarnya di tahun depan model-model iPhone yang diperkenalkan di 2018 akan dibekali dengan layar OLED. Sebuah kabar terbaru yang berasal dari  Wall Street Journal hari ini (29/9) mengatakan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk  menggunakan beberapa layar LCD canggih yang dibuat oleh Japan Display untuk model iPhone tertentu yang diproduksi di masa depan.

70% unit bisnis smartphone dan smart device global Japan Display nantinya akan didominasi oleh pembuatan panel LCD "Full Active" hingga jangka waktu yang akan berakhir pada bulan Maret 2019. Sejauh ini, minat pada "Full Active" Panel LCD canggih datang dari Xiaomi untuk smartphone generasi terbarunya dengan tampilan  layar edge-to-edge yang dikenal dengan  Xiaomi Mi MIX 2. Bezels yang mengelilingi layar LCD "Full Active" berukuran sangat tipis  yakni 1mm dibandingkan beberapa seri smartphone Xiaomi pendahulunya dengan bezel yang lebih tebal.  

Meskipun model penerus dari  iPhone 8  dan iPhone 8 Plus, yakni masing-masing iPhone 8s dan iPhone 8s Plus diprediksi akan hadir dengan display OLED pada tahun 2018, namun Japan Display  mengatakan bahwa layar LCD Full Active barunya tersebut  dapat memberikan manfaat yang sama dengan panel OLED pada banderol harga yang lebih rendah. Samsung saat ini memproduksi display OLED yang akan digunakan pada iPhone X. Panel ini dibanderol dengan harga  USD$ 110 untuk setiap unitnya, sekitar dua kali lipat harga layar LCD yang hanya dipatok USD$ 50- USD$55 per unitnya.

Japan Display akan mulai memproduksi layar OLED pada bulan April 2019. Apple kemungkinan beralih ke layar LCD Full Active buatan Japan Display  untuk model iPhone lawas seperti iPhone SE yang hingga kini masih aktif diproduksi. (Nariswari/Galing)

Sumber: PhoneArena